Ponsel Samsung Galaxy S22 Vs Samsung Galaxy S22 Plus, Pilih Mana?

Antarmuka pengguna One UI 4.1 Samsung dapat disesuaikan, tetapi tetap agak berantakan dengan cara dikonfigurasi di luar kotak.
Antarmuka pengguna One UI 4.1 Samsung dapat disesuaikan, tetapi tetap agak berantakan dengan cara dikonfigurasi di luar kotak.

Samsung Galaxy Galaxy S22 Ultra 5G resmi diluncurkan secara global pada acara Unpacked yang digelar Rabu (9/2) di Seoul, Korea Selatan waktu setempat. Selain itu, hadir juga Samsung Galaxy S22 dan Samsung Galaxy S22 Plus.

Kedua perangkat tersebut diketahui memiliki keunggulan pada kameranya, yang didukung oleh Nightography dan sensor 23 persen lebih besar dari S21 dan S21 Plus. Berikut spesifikasi dari ponsel Samsung Galaxy S22 Vs Samsung Galaxy S22 Plus.

Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy S22 dan Samsung Galaxy S22 Plus.

Memiliki Layar Datar dan Bezel Tipis

Samsung Galaxy S22 dan Samsung Galaxy S22 Plus keduanya menawarkan layar datar dengan bezel tipis dan batang sedikit melengkung.

Samsung Galaxy S22 Plus memiliki layar 6,6 inci lebih besar, sedangkan Samsung Galaxy S22 terasa lebih kecil dengan layar 6,1 inci. Keduanya adalah layar OLED 1080p dengan kecepatan refresh rate 120Hz.

Tetapi Samsung Galaxy S22 Plus memiliki fitur eksternal kecerahan puncak 1.750 nits dan 1.300 nits pada Samsung Galaxy S22. Keduanya cukup terang sehingga nyaman digunakan di bawah sinar matahari langsung.

Tak cukup hanya menggunakan frame Armor Aluminum saja, kedua perangkat ini juga dibekali Gorilla Glass Victus dan IP68 sehingga tahan banting di segala situasi.

Masa Pakai Baterai, Menarik Daya Lebih Cepat

Saya kurang positif tentang masa pakai baterai. Ketika saya menguji S22 Ultra, baterai terkuras lebih cepat dari yang saya harapkan, meskipun saya berhasil melewati hari penggunaan yang berat. Samsung Galaxy S22 dan Samsung Galaxy S22 Plus tampaknya menarik daya lebih cepat.

Kapasitas terukur 3.590mAh untuk Galaxy S22, dengan Kapasitas tipikal 3,700 mA yang lebih kecil dibanding Galaxy S22 Plus yang memiliki kapasitas terukur 4370 mAh, dengan pengaturan Kapasitas khas sekitar 4500 mA.

Pengisian Daya Baterai Cepat

Berita terbaiknya adalah kedua ponsel mendukung fast charging dengan daya 45 W pada Samsung Galaxy S22 Plus dan 25 Watt pada S22. S22 Plus mengisi daya dari 0 hingga 100 persen hanya dalam waktu satu jam menggunakan pengisi daya Samsung 45 W (dijual terpisah).

Baik Samsung Galaxy S22 maupun Samsung Galaxy S22 Plus, keduanya mendukung pengisian daya nirkabel 15 W, dan tidak peduli bagaimana Anda berencana untuk memberi daya pada ponsel, Anda harus membawa adaptor sendiri karena Anda tidak akan menemukan pengisi daya apa pun di dalam kotak.

Menggunakan Prosesor Terbaru dari Qualcomm

Samsung Galaxy S22 dan Samsung Galaxy S22 Plus menggunakan chipset Snapdragon 8 generasi pertama di AS, yang merupakan prosesor Qualcomm terbaru dan terbaik untuk ponsel Android. Kedua perangkat hadir dengan RAM 8GB, dan kinerja keseluruhannya sangat baik.

Hadir dengan One UI 4.1

Samsung Galaxy S22 dan Samsung Galaxy S22 Plus keduanya hadir dengan One UI 4.1 berbasis sistem operasi Android 12, yang menambahkan beberapa opsi penyesuaian hebat ke antarmuka.

One UI 4.1 memungkinkan pengguna mengekspresikan kepribadiannya. Dengan berbagai macam Color Palettes terbaru yang tersedia, Anda dapat mengubah tampilan dan merasakan perubahannya mulai dari home screen hingga ikon, menu, tombol, dan background.

User Interface One UI 4.1 menghadirkan interaksi yang disederhanakan serta desain yang bersih dan elegan. Pengguna mendapatkan opsi penyesuaian di setiap kesempatan.

Hadir dengan Kamera Utama 50 MP

Samsung Galaxy S22 dan Samsung Galaxy S22 Plus memiliki fitur kamera utama beresolusi 50MP f/1.8 dengan stabilisasi, kamera ultrawide 12MP, dan kamera telefoto 10MP dengan kemampuan zoom optic 3x serta space zoom 30x. Sementara notch depan layarnya diisi oleh kamera selfie 10MP.

Zoom optik 10x Samsung dan sensor 108MP raksasa didedikasikan untuk Ultra.

Spesifikasi video setara dengan tahun lalu. Kamera swafoto Samsung Galaxy S22 dan Samsung Galaxy S22 Plus mampu merekam video hingga resolusi 4096×2160 piksel 4K 30 atau 60 frame per second.

Kamera depan kedua ponsel itu juga mampu merekam 1080 piksel 30 frame per second. Sedangkan kamera belakang memiliki kemampuan merekam video hingga resolusi 7680×4320 atau 8K 24 frame per second, 4K 30 atau 60 frame per second.

Mode potret lebih baik kali ini, dengan deteksi target yang ditingkatkan dapat mengisolasi detail halus seperti helai rambut dan selfie zoom 3x terlihat bagus.

Menawarkan Aplikasi Expert RAW

Seri Galaxy S22, termasuk S22 standar, S22 Plus, dan S22 Ultra, semuanya mendukung Expert RAW mulai 25 Februari. Aplikasi Expert RAW yang memulai debutnya di Galaxy S21 Ultra kini telah dirilis dalam versi beta penuh dan tersedia untuk ketiga ponsel tersebut.

Fitur ini tidak termasuk dalam aplikasi Kamera Samsung standar. Ini sebenarnya adalah aplikasi yang sepenuhnya terpisah yang perlu diunduh dari Galaxy Store. Buka aplikasi Store dan cari Expert RAW. Setelah Anda mengunduhnya dan setuju untuk memberikannya akses ke kamera dan mikrofon Anda, Anda siap untuk mulai memotret file RAW multi-bingkai.

Didukung Fitur Night Mode atau Mode Malam

Fitur Night Mode pada kamera Samsung Galaxy S22 dan Samsung Galaxy S22 Plus diklaim mampu menghasilkan foto dan video dengan kualitas terbaik.

Kamera S22 dan S22 Plus dapat menggabungkan mode pemotretan resolusi tinggi 50 megapiksel dengan mode malam, yang sebelumnya hanya dapat digunakan secara terpisah. Ini tidak dapat dijalankan secara manual. Anda harus memotret dalam mode HD dalam kondisi yang sangat gelap, setelah itu Anda akan melihat ikon bulan kecil muncul, untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Hasilnya adalah gambar dengan detail dan warna yang sedikit lebih baik daripada jika Anda mengambilnya tanpa mengaktifkan mode malam. Ini keren dan dapat berguna untuk foto lanskap malam, dan ini adalah fitur yang relatif nyaman.

Kondisi yang sama juga berlaku untuk foto mode potret. Jika Anda mengambil foto dalam mode potret dan kamera depan atau belakang dalam kondisi cahaya sangat redup, opsi mode malam akan muncul. Ini hanya berguna jika subjek Anda diam.

Penambahan fotografi malam tidak terlalu mengesankan, tetapi bagaimanapun juga, seri Galaxy S22 memiliki sistem kamera yang sangat bagus.

Kamera telefoto 3x dapat diandalkan, dan foto terlihat bagus bahkan dalam cahaya redup. Foto mode potret dalam cahaya terang, terutama dari jarak dekat, adalah salah satu yang terbaik yang pernah saya lihat dari smartphone.

Kesimpulan

Samsung Galaxy S22 dan S22 Plus memiliki kinerja yang cepat, dirancang dengan baik dan menyertakan fitur-fitur canggih seperti layar 120Hz yang cerah dan kamera telefoto 3x yang bagus sehingga dapat memenuhi kebutuhan fotografi dengan baik.

Namun, daya tahan baterai adalah titik lemah besar pada kedua model ini.

Exit mobile version