5 Cara Menghasilkan Uang di YouTube Tanpa Adsense

5 Cara Menghasilkan Uang di YouTube Tanpa Adsense

Meskipun pada suatu saat nanti, Anda dapat memperoleh pendapatan iklan melalui Program Partner YouTube (YPP). Bahkan jika Anda adalah pengguna YouTube pemula.

YouTube mengharuskan pemilik saluran memiliki total 4.000 jam tontonan video selama 12 bulan, dan setidaknya 1.000 pelanggan untuk memenuhi syarat di Program Partner YouTube.

Berusaha memenuhi persyaratan dari Program Partner YouTube adalah tujuan yang baik. Namun, pendapatan iklan bukan satu-satunya pilihan Anda untuk menghasilkan uang di YouTube. Mirip dengan blogging, YouTube menawarkan berbagai cara untuk menghasilkan uang dengan saluran Anda.

Berikut adalah lima cara untuk menghasilkan uang dari YouTube selain bergabung dengan Program Partner YouTube atau tanpa adsense. Anda dapat memilih salah satu atau menggabungkannya untuk meningkatkan potensi pendapatan Anda.

5 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Selain melalui Program Partner YouTube (tanpa Adsense)

1. Mengarahkan lalu lintas ke blog atau situs web untuk menghasilkan penjualan dari YouTube

Pemasaran video adalah cara terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda dari rumah. Cara Anda dapat memasarkan bisnis Anda di YouTube meliputi:

  • Perkenalkan diri dan bisnis Anda
  • Tunjukkan pemandangan di balik layar bisnis Anda
  • Tour dan promosikan karya Anda
  • Buat Q&A untuk menjawab pertanyaan pasar tentang spesialisasi dan industri Anda
  • Buat tutorial tentang bisnis Anda

Saat membuat video YouTube, Anda dapat menyertakan tautan ke situs web atau blog Anda dalam deskripsi, lalu mengizinkan YouTube mengirimkan lalu lintas kepada Anda.

Selain itu, Anda dapat menyematkan video di situs web Anda dan membagikannya di media sosial untuk lebih banyak eksposur. Pemirsa YouTube juga dapat membagikannya.

Misalnya, jika Anda memiliki kursus online, Anda dapat memposting satu pelajaran ke YouTube, dan kemudian menyertakan tautan ke kursus Anda di mana orang dapat mendaftar untuk semua pelajaran.

Trending :   Solusi Handphone Kena Air Hujan atau Kecebur Air

Contoh lain adalah menggunakan YouTube untuk meningkatkan kesadaran blog Anda. Semakin banyak kunjungan ke blog Anda, semakin banyak uang yang dapat Anda hasilkan melalui semua metode monetisasi, seperti Google AdSense, pemasaran afiliasi, atau menjual produk Anda sendiri.

2. Menjual produk atau jasa sendiri di YouTube

YouTube memiliki banyak lalu lintas dan sangat efektif. Sehingga banyak pemilik bisnis rumahan hampir secara eksklusif menggunakannya untuk mempromosikan bisnis mereka.

Alih-alih blog, mereka menggunakan YouTube untuk berbagi pengalaman, kiat, dan pendapat untuk membangun kepercayaan dan hubungan dengan pasar.

Melalui Youtube juga, Anda dapat menjual produk dan jasa, berbagi pengalaman dan kiat, melakukan tutorial, dan banyak lagi.

3. Pemasaran Afiliasi Melalui YouTube

Tidak memiliki produk atau layanan sendiri? Tidak masalah. Melalui YouTube, Anda dapat mempromosikan produk dan layanan perusahaan lain melalui pemasaran afiliasi.

Agar efektif, Anda harus memulai saluran YouTube tentang ceruk tertentu. Dan kemudian menemukan produk dan layanan afiliasi yang akan memecahkan masalah target pasar Anda di ceruk tersebut.

Misalnya, Anda dapat memulai saluran pembuatan kue yang sehat di YouTube. Dalam membuat konten YouTube, Anda bisa menggunakan peralatan memanggang berkualitas dan pilihan yang baik dan sehat. Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan yang menawarkan perlengkapan memanggang.

Cukup sertakan tautan ke produk yang Anda gunakan dalam deskripsi video YouTube Anda. Jangan lupa untuk menambahkan pengungkapan yang diperlukan tentang tautan afiliasi.

Selain berbagi alat dan sumber daya yang Anda gunakan, Anda juga dapat menggunakan YouTube untuk mempromosikan produk afiliasi dengan melakukan ulasan dan demo.

4. Periklanan / Sponsor untuk Video YouTube

Umumnya, Anda memerlukan lalu lintas yang baik untuk menjual iklan atau mendapatkan sponsor untuk video YouTube. Tetapi Anda dapat memperoleh jenis pendapatan ini sebelum memenuhi syarat untuk Program Partner YouTube jika lalu lintas Anda stabil dan berkembang.

Selain itu, menjual ruang iklan atau mendapatkan sponsor kemungkinan akan menghasilkan lebih banyak daripada Program Mitra YouTube, jadi patut untuk diperhatikan.

Untuk menjual iklan atau mendapatkan sponsor, Anda harus menjangkau merek dengan proposal. Dalam proposal Anda, Anda akan membutuhkan:

  • Perkenalkan diri Anda dan saluran YouTube Anda. Pastikan untuk menjelaskan bagaimana saluran Anda berhubungan dengan bisnis mereka.
  • Bagikan saluran YouTube Anda, dan berikan informasi tentang tingkat keterlibatan Anda, termasuk penayangan, komentar, suka, dll. Jika Anda memiliki pengikut yang baik di media sosial, Anda dapat memasukkan angka-angka ini untuk memberi Anda lebih banyak otoritas dan menunjukkan pengaruh Anda.
  • Fokus pada bagaimana Anda dapat membantu perusahaan, daripada berbicara tentang Anda sepenuhnya. Jika Anda telah menggunakan produk mereka, beri tahu mereka dan bagikan betapa Anda menyukai produk tersebut.
  • Presentasikan ide Anda. Misalnya, Anda dapat melakukan peninjauan dengan imbalan sampel produk gratis. Atau Anda dapat berteriak tentang perusahaan untuk mendapatkan uang tunai.
  • Miliki perangkat media dan sponsor untuk dibagikan dengan calon pengiklan dan sponsor.
  • Anda juga dapat bergabung dengan platform sponsor, seperti Famebit, untuk menemukan dan memamerkan merek untuk penawaran sponsor.
Trending :   Ide dan inspirasi Bisnis Fashion Untuk Pemula

5. Penggalangan Dana (crowdfunding) Melalui YouTube

Dimungkinkan untuk menghasilkan pendapatan reguler dari sebuah proyek menggunakan penggalangan dana melalui YouTube.

Banyak hal tergantung pada saluran Anda tentang apa yang didapat oleh donatur crowdfunding. Misalnya, Anda dapat menggunakan uang crowdfunding untuk meningkatkan nilai produksi atau melakukan tema khusus.

Pemilik channel YouTube biasanya menawarkan reward yang berbeda berdasarkan tingkat kontribusinya. Beberapa pemilik saluran dapat menawarkan sesuatu yang lebih penting untuk mendapatkan lebih banyak uang.

Uang yang dikumpulkan dapat diperoleh melalui model langganan atau keanggotaan, di mana orang membantu mendanai video atau serial tertentu yang membutuhkan investasi lebih besar.

Sukses menghasilkan uang di YouTube

Seperti semua cara lain untuk menghasilkan uang dalam bisnis, kesuksesan Anda di YouTube sangat bergantung pada seberapa baik Anda menarik target pasar Anda.

Meskipun Anda tidak memerlukan sistem produksi video yang mahal, Anda perlu menyediakan konten berkualitas secara teratur. Selain itu juga dibutuhkan kata kunci dan jejaring sosial untuk mempromosikan video Anda.

Faktanya, selain menyediakan video yang menarik audiens, mengembangkan saluran YouTube harus menjadi bagian dari rencana jika Anda berharap menghasilkan uang.

Selain itu, YouTube adalah platform media sosial sehingga Anda harus berusaha untuk berinteraksi dengan audiens Anda, responsif dan kemudian mereka akan berkomentar dan berinteraksi dengan Anda.

Semakin banyak tampilan YouTube Anda berinteraksi dengan audiens, semakin banyak uang yang bisa dihasilkan. Bahkan, ada pengusaha yang mencari nafkah melalui YouTube.

Baik menjadi vlogger maupun untuk mendapatkan pendapatan tambahan, YouTube memungkinkan untuk memasarkan dan menghasilkan uang secara bersamaan.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU