Percobaan Pencurian Saldo BitcoinDari Akun E-Commerce

Percobaan Pencurian Saldo BitcoinDari Akun E-Commerce

Apa itu “Pemerasan Bitcoin”? Ini adalah julukan yang diberikan oleh Komisi Perdagangan Federal kepada peretas yang mengancam akan menyita dana atau mengungkapkan detail yang tidak menyenangkan tentang kehidupan pribadi seseorang kecuali mereka menerima blok bitcoin. Dan sementara media cenderung meliput pelaku jahat ini ketika mereka menuntut jutaan bitcoin setelah perusahaan besar seperti Colonial Pipeline diretas, mereka juga menargetkan konsumen biasa seperti ayah saya.

Inilah cara semuanya berhasil dalam kasus ayah saya. Secara khusus, itu adalah pesan push dari akun e-niaganya bahwa seluruh investasinya di saham Apple telah terjual. Dia tidak meminta penjualan seperti itu, tetapi ketika dia masuk ke akunnya, ketakutannya terbukti: seseorang meretas akunnya selama akhir pekan dan menempatkan pesanan jual pada saham Apple-nya pada hari Senin.

Sekarang, ketika Anda menjual saham, biasanya diperlukan beberapa hari kerja untuk memprosesnya. Kemudian uang tunai dari saham yang dilikuidasi muncul di akun Anda, di mana Anda dapat mentransfernya ke rekening bank luar negeri. Untungnya, transaksi di akun ayah saya masih tertunda ketika dia tahu, dan peretas belum menautkan akun untuk mentransfer uang. Ayah saya segera menghubungi E-Trade dan perusahaan dapat membatalkan kesepakatan.

Kemudian datang beberapa email aneh. Penipu mengirim beberapa email ke ayah saya sepanjang hari yang menunjukkan bahwa dia telah meretas akunnya dan menginginkan lebih. Mereka berkata “maaf sebelumnya…”. “Saya memiliki akses ke Amazon dan beberapa bank Anda. Saya memiliki nomor perutean dan nomor rekening bank Anda. Kami akan mengambil [uang Anda] dengan cara yang baik. Bagaimana jika Anda memberi saya $5.000 dalam bentuk bitcoin. Saya berjanji untuk tidak menjual barang penting Anda rincian bank.”

Trending :   Cara Setting Modem HUAWEI HG532e Untuk Telkom Speedy

FTC mengatakan jenis surat yang meminta make up dengan imbalan tidak melanggar hidup Anda bertambah jumlahnya. Agar tidak terjerumus, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan hari ini.

Cara Menghindari Peretasan Akun Bitcoin

1. Jangan membalas email atau SMS yang meminta kata sandi

Penipuan ini, di mana penipu mengirim pesan yang tampaknya sah untuk meminta informasi pribadi, sering kali mengarah pada penipuan finansial. Anda mungkin menerima email yang tampaknya berasal dari bank Anda, IRS, atau organisasi lain yang meminta Anda untuk mengklik tautan dan memperbarui kata sandi Anda atau masuk untuk mengambil pesan penting tentang akun Anda. Pastikan untuk memeriksa alamat email pengirim dan tautan apa pun untuk memverifikasi keabsahan pengirim. Jika IRS atau bank Anda membutuhkan informasi penting dari Anda, mereka mungkin tidak akan mengirim email atau SMS.

Dalam kasus ayah saya, dia menelepon email dari Amazon meminta dia untuk memperbarui rincian untuk pesanan baru-baru ini. Dia tidak mengenalinya, tapi kurasa ibuku memasangnya karena mereka berdua berbagi akun. Ketika dia mengklik email, dia diminta untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandinya. Sayangnya, dia melakukannya.

Perbarui banyak kata sandi Anda secara teratur

Dan pastikan untuk tidak menggunakan akun yang sama untuk akun yang berbeda. Nama pengguna dan kata sandi Amazon ayah saya identik dengan yang dia gunakan untuk e-niaga. Dia sekarang menggunakan pengelola kata sandi yang membantu menghasilkan dan menyimpan kata sandi unik untuk semua akunnya. Beberapa pengelola kata sandi yang kami sukai dari CNET termasuk LastPass dan Bitwarden.

Trending :   MacBook Pro 16 Terbaru Apple Hampir Sempurna

2. Aktifkan 2FA (Verifikasi Dua Langkah) Jika Memungkinkan

Ayah saya juga percaya bahwa pemeras bitcoin akhirnya bisa mendapatkan akses ke akun e-niaganya karena dia tidak mendaftar untuk otentikasi dua faktor. Ini berarti bahwa ketika Anda masuk, situs akan memerlukan langkah kedua untuk mengizinkan Anda masuk, biasanya dengan mengirim SMS kepada pemegang akun dengan kode yang dapat mereka gunakan untuk memverifikasi upaya dan akses masuk.

3. Hubungi lembaga keuangan (Bank/Lembaga yang bertanggung jawab) Secepatnya

Jika Anda yakin akun Anda telah diretas atau jika Anda menerima email terenkripsi dari potensi pemerasan Bitcoin, hubungi lembaga keuangan Anda. Naluri pertama ayah saya adalah menyebut e-commerce – langkah yang bijaksana. Perusahaan segera membantu mengakhiri transfer, sehingga bajak laut tidak dapat menavigasi dengan uang ayah saya. Ayah saya kemudian mengetahui bahwa e-commerce juga telah melaporkan ke polisi setempat dan layanan sosial; Dia menerima telepon dari kedua agensi di kemudian hari. Polisi ingin mengumpulkan lebih banyak informasi untuk penyelidikan, dan tim layanan sosial menelepon untuk memastikan ayah saya tidak terlalu terguncang dan kesehatan keuangannya baik-baik saja (semacam itu).

Ayah saya beruntung dan bertindak cepat untuk melindungi asetnya, tetapi banyak dari mereka menjadi mangsa penipuan ini dan penipuan terkait kripto lainnya. Cara terbaik untuk melindungi diri Anda dan akun keuangan Anda adalah dengan mengambil langkah-langkah pencegahan seperti tidak membuka email dari organisasi yang mengklaim membutuhkan informasi pribadi Anda, memperbarui dan membedakan kata sandi Anda, dan memilih otentikasi dua faktor jika memungkinkan.

Percobaan pencurian bitcoin ini memang tidak terjadi di Indonesia, namun tidak ada salahnya untuk kita jadikan pelajaran agar rekening dan akun digital kita aman dari percobaan kejahatan yang dilakukan oleh peretas.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU