Google Pixel Watch dengan Wear OS 3.1, Siap Rilis 2022

Bocoran Google Pixel Watch
Ini bukan Pixel Watch, tetapi kami mungkin tidak perlu menunggu lebih lama lagi.

Kami telah menunggu sangat lama untuk Google Pixel Watch memulai debutnya.

Namun, beberapa bulan terakhir ini, kami mulai mendengar rumor tentang Pixel Watch.

Menurut kebocoran terbaru tentang jam tangan pintar, penantian itu mungkin akan segera berakhir.

Pada hari Jumat, Evan Blass memposting tangkapan layar di Twitter yang menunjukkan tutorial interaktif untuk “Pixel Rohan” yang menjalankan Wear OS 3.1.

Rohan telah lama dikenal dengan nama kode internal Pixel Watch. Tentu saja, kami berharap perangkat menjalankan Wear OS 3, meskipun tangkapan layar menunjukkan Wear OS 3.1.

Menariknya, ini sedikit tertinggal dari versi 3.2 yang saat ini tersedia di Galaxy Watch 4.

Blass juga menulis tweet tersebut dengan mengatakan, “Tidak akan lama sekarang”. Tweet tersebut mengacu pada kemungkinan yang sangat besar bahwa Google akan menggoda Pixel Watch di Google I/O pada konferensi mendatang pada 11 Mei, dengan peluncuran selanjutnya bersama seri Pixel 7.

Tidak ada yang mengejutkan jika Anda memperhatikannya. Pixel Watch kemungkinan besar selalu berjalan di Wear OS, meskipun ada spekulasi untuk sementara waktu bahwa Google mungkin memilih sistem hybrid-digital-analog.

Namun, kebocoran yang relatif tidak signifikan ini menggarisbawahi bahwa 2022 akan menjadi tahun yang menentukan bagi ambisi Google yang dapat dipakai.

Pada dasarnya, ini adalah puncak dari setidaknya tiga tahun Google meletakkan dasar bagi pesaing sejati Apple Watch.

Pada awal 2019, Google mengeluarkan $40 juta untuk membeli teknologi jam tangan pintar dari Fossil sebagai bagian dari tim penelitian dan pengembangan perusahaan.

Fossil telah lama menjadi salah satu mitra Google yang paling menonjol dalam perangkat yang dapat dipakai. Dan pada saat itu, Google mengatakan langkah tersebut merupakan indikasi komitmen perusahaan terhadap perangkat yang dapat dipakai.

Belakangan tahun itu, Google menekankan fokus baru pada “komputasi ambien” di acara Made by Google sebelum menutup 2019 dengan potongan $2,1 miliar untuk Fitbit.

Tidak banyak yang terjadi di bagian depan Google yang dapat dipakai pada tahun 2020. Fitbit terus merilis produk di bawah merek Fitbit, meskipun jam tangan pintarnya telah mendapatkan Asisten Google.

Demikian juga, Wear OS terus melihat pembaruan tambahan. Namun, Google membuka pintu lebar-lebar pada tahun 2021 di I/O, mengumumkan bahwa mereka telah bermitra dengan Samsung untuk membuat versi terpadu baru dari platform Wear OS-nya yang telah lama stagnan.

Jajaran Samsung Galaxy Watch 4 kemudian memulai debutnya Wear OS 3 pada akhir tahun 2021.

Ini membawa kita ke 2022, tahun pertama platform Wear OS baru akan tersedia di lebih dari sekadar smartwatch Samsung.

Google mengatakan selama setahun terakhir bahwa jam tangan Wear OS yang ada dari Fossil dan Mobvoi akan memenuhi syarat untuk peningkatan pada paruh kedua tahun ini.

Google juga telah mengisyaratkan integrasi Fitbit di masa depan untuk beberapa waktu sekarang, dan CEO Fitbit James Park juga telah mengatakan beberapa kali bahwa jam tangan Fitbit Wear OS akan datang. (Meskipun sulit untuk mengatakan kapan.)

Google baru-baru ini menerima persetujuan dari Food and Drug Administration AS untuk memantau fibrilasi atrium pasif pada perangkat Fitbit.

Karena Google memiliki Fitbit, tidak sulit untuk membayangkan bahwa itu juga akan mendapat manfaat dari penelitian Fitbit selama bertahun-tahun tentang fitur-fitur teknologi kesehatan yang canggih.

Qualcomm, yang chip Snapdragon Wear yang pudar juga berkontribusi pada perjuangan Wear OS untuk mengejar para pesaingnya dan juga diperkirakan akan merilis chip yang lebih kuat sekitar tahun ini.

Pada dasarnya, semua bagian ada di tempatnya. Tentu masih banyak pertanyaan.

Akankah Pixel Watch terutama berfokus pada kebugaran dan kesehatan atau akankah juga mengintegrasikan lebih banyak fitur cerdas seperti konektivitas LTE?

Apakah ini akan berfungsi dengan baik dengan semua ponsel Android atau akan memprioritaskan Pixel milik Google sendiri?

Bagaimana dengan iOS? Kami mungkin tidak akan memiliki jawaban itu sampai paruh kedua tahun ini.

Tapi satu hal yang pasti. Ini adalah tahun yang penting bagi platform wearable Google, dan mengakhirinya dengan Pixel Watch akan menjadi cara yang bagus untuk membuat pernyataan.

Exit mobile version