Fitur Baru Whatsapp ‘terakhir terlihat’ Bisa Disembunyikan!

Fitur Baru Whatsapp 'terakhir terlihat' Bisa Disembunyikan!

Whatsapp, aplikasi chatting populer didunia ini sepertinya makin hari semakin memperhatikan kenyamanan penggunanya. Aplikasi yang diklaim digunakan lebih dari 2 Miliar orang di 180 Negara ini banyak diminati karena mengusung konsep simple, mudah digunakan, dan aman. Hal ini yang membuat perusahaan Whatsapp terus melakukan Pengembangan dan update aplikasi secara berkala.

Sekedar mengulas, Awalnya aplikasi ini resmi diluncurkan pada tahun 2009 diperangkat iOS milik apple. Namun tidak sampai satu tahun, whatsapp merilis aplikasi untuk android. Mungkin hal ini yang mendasari whatsApp begitu memperhatikan kenyamanan pengguna, khususnya dalam hal privasi.

Beberapa Fitur yang ada pada whatsApp Saat ini:

  1. Pesan pribadi / Private messaging
  2. Koneksi aman dan Simple
  3. Panggilan suara dan video dengan kualitas tinggi
  4. Obrolan Grup
  5. Terhubung secara real time dengan shareloc
  6. Status untuk membagikan momen harian, dsb

Selain fitur diatas, minggu ini WhatsApp mulai meluncurkan reaksi emoji. Dan sepertinya perusahaan ini akan segera mengimplementasikan fitur lain yang diminati banyak orang. Tentunya fitur ini sudah lama ditunggu-tunggu.

Menurut WABetaInfo, dengan versi beta terbaru dari aplikasi iOS, WhatsApp telah menambahkan opsi yang memungkinkan pengguna untuk membatasi visibilitas individu tertentu dari status “terakhir terlihat / last seen”.

Jika Anda tidak terbiasa dengan bagian WhatsApp ini, fitur yang menunjukkan terakhir kali seseorang memeriksa aplikasi ini adalah cara untuk mengetahui apakah kontak kemungkinan telah melihat pesan Anda meskipun tanda terima telah dibaca dimatikan.

Untuk saat ini, WhatsApp sudah bisa membatasi siapa saja yang berada pada kontak anda melihat kapan terakhir kali anda online. Secara default settingan aktif. Namun anda juga bisa menonaktifkan fitur ini. Status last seen / terakhirkali online Anda hanya bisa dilihat oleh kontak anda atau orang lain.

Namun saat ini Anda Anda tidak memiliki kemampuan untuk mencegah individu tertentu/memilih siapa saja yang dikecualikan untuk melihat informasi tersebut.

Kabar baiknya WhatsApp iOS 22.9.0.70 beta build menambahkan opsi baru “Kontak saya kecuali” di bawah bagian Last Seen dari pengaturan privasi aplikasi.

Menurut WABetaInfo, menambahkan seseorang ke daftar itu juga mencegah Anda melihat kapan terakhirkali mereka online. Namun minggu ini WhatsApp juga menerapkan kontrol privasi yang lebih terperinci untuk hal tersebut, termasuk dalam pengaturan foto profil.

Jadi kalau yang dulunya menyembunyikan Last seen pada whatsapp hanya bisa disetting secara keseluruhan. Kedepan kita bisa memilih siapa saja yang tidak kita ijinkan untuk melihat kapan terakhirkali kita online. Hal ini berlaku dua arah, jika anda menyembunyikan orang tersebut untuk mengetahui kapan terakhir kali anda online. Hal yang sama juga akan terjadi pada akun Anda. Artinya, anda juga tidak akan bisa melihat kapan orang tersebut online terakhir kali.

Fitur keren ini sedang dalam pengujian beta di Android dan iOS. Kemungkinan tidak lama lagi akan dirilis secara resmi oleh WhatsApp. Gimana sob, udah nggak sabar nunggu update an nya?

Exit mobile version