Sistem Kamera iPhone 14 Pro 72MP Meninggalkan Fitur Kamera Terbaik Galaxy S22 Ultra: Mengapa?

Apakah Anda berencana untuk meningkatkan iPhone Anda? Atau Anda tidak terlalu peduli dengan iPhone baru?

Roda terus bergulir di Cupertino, serta China dan India, tempat iPhone Anda sudah dibuat.

Sejalan dengan tren Android saat ini, tahun ini Apple bersiap untuk serangkaian model iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang berfokus pada kamera.

Sementara kamera sudah menjadi fokus iPhone 13 Pro tahun lalu, bersama dengan masa pakai baterai yang mengesankan pada iPhone 13 Pro Max, tahun ini agak spesial bagi Apple. Mari kita lihat mengapa…

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max mendapatkan kamera utama 48MP

Meskipun tidak ada sama sekali yang baru tentang lompatan resolusi kamera di dunia Android, ini akan menjadi perubahan yang telah lama ditunggu-tunggu oleh Apple dan penggunanya.

iPhone 14 Pro tahun ini mendapatkan peningkatan resolusi kamera pertamanya sejak iPhone 6S (2015), ketika Apple melompat dari kamera 8 MP menjadi 12MP, terutama iPhone 6S yang bisa merekam video 4K.

Dejavu atau tidak, 2022 adalah tahun Apple akan beralih ke kamera utama 48MP pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Ini akan memberi iPhone kemampuan merekam video 8K tetapi juga memanfaatkan pixel binning dan bahkan menghasilkan konten yang dapat dilihat dengan headset VR Apple. Dalam artikel ini, saya akan membahas fitur iPhone 14 Pro dan implikasinya di masa depan.

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max: Pengguna Apple kehilangan kamera Android terbaik (lagi)

Namun sekarang untuk topik cerita hari ini yaitu iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max tidak mendapatkan kamera zoom jarak jauh. Sederhana dan jelas.

Bagi Anda yang tidak tahu, kamera zoom periskop (di ponsel terbaru) tiba pada tahun 2019 dengan Huawei P30 Pro. Sejak itu, pembuat ponsel Android telah menemukan diri mereka dalam perlombaan zoom.

Itulah mengapa Anda mungkin mendengar atau membaca tentang produsen yang membual tentang pencapaian seperti “10x optical zoom”, “hybrid zoom”, “SuperRes zoom”, “moonshot”, dan banyak lagi.

Sementara berkat kamera zoom 3x dan 10x, Samsung Galaxy S22 Ultra menang dalam hal jangkauan dan fleksibilitas. Kamera zoom favorit saya tetap Google Pixel 6 Pro, yang menampilkan penembak periskop 48MP yang juga menggabungkan sensor terbesar yang digunakan dalam kamera seperti itu hingga saat ini (bersama dengan Xiaomi Mi 11 Ultra dan Huawei P50 Pro).

“Saya mengambil foto terbaik yang pernah saya lihat dari ponsel, dengan lensa zoom periskop 48MP Pixel 6 Pro. Ya, itu adalah masalah besar. Saya tidak akan membuat pernyataan seperti itu jika saya tidak bersungguh-sungguh.”

Dengan begitu, saya dapat memberi tahu Anda bahwa foto liburan saya terlihat jauh lebih baik daripada foto Anda! Semua berkat kamera zoom periskop 48MP.

Mengapa iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max Tidak Dapatkan Kamera Zoom Periskop

Meskipun secara teknis, tidak ada alasan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max tidak dapat menggabungkan penembak zoom periskop seperti Pixel 6 Pro, ada alasan praktis mengapa Apple memutuskan untuk menghapus kamera ini dan semuanya baik-baik saja.

Singkatnya, memberikan seri iPhone 14 Pro kamera utama 48MP baru, lensa periskop baru untuk zoom jarak jauh, dan penembak sudut ultra lebar yang terlihat sangat menakjubkan.

Ini tentu saja dapat menempatkan iPhone 14 Pro di depan Pixel 6 Pro dan bahkan Galaxy S22 Ultra dalam hal paket kamera secara keseluruhan (mengingat keunggulan besar Apple dalam kualitas video).

Namun, semua ini dapat mengarah pada pencapaian kamera iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang tidak menarik pada tahun 2023, dan itu pasti sesuatu yang dihindari Apple.

Seperti yang saya sebutkan di awal, faktor pembeda utama antara ponsel saat ini tampaknya adalah kamera.

Apple tentu tidak ingin berada dalam situasi di mana Tim Cook naik di atas panggung untuk mengatakan: “Kami tidak punya apa-apa!”

Itulah bagian dari alasan Cupertino menyerah pada peningkatan iPhone “S”, terutama dalam menghadapi ponsel Android yang semakin progresif yang menantang Apple untuk meningkatkan permainannya dan memberikan peningkatan perangkat keras yang lebih cepat.

Sedikit bocoran untuk iPhone 15 Pro akan mendapatkan lensa zoom periskop.

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max: Tidak ada lensa zoom periskop

Bahkan jika alasan Apple untuk menyimpan upgrade kamera zoom periskop untuk iPhone 15 Pro masuk akal di tingkat bisnis dan pemasaran, namun saya masih agak kecewa dengan hasil itu.

IPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan hadir dengan desain ulang antarmuka pertama sejak iPhone X pada 2017. Kami mengharapkan tampilan lubang ganda, dan bahkan jika itu tidak terlihat ideal, Anda tidak dapat menyangkal bahwa itu lebih baik daripada takik dan juga agak unik. Itu akan memberi iPhone masa depan dengan beberapa karakter.

Lebih lanjut, seperti dilansir analis handal Ming-Chi Kuo, Apple akhirnya bersiap untuk mengupgrade perangkat keras untuk kamera depan iPhone yang belum tersentuh sejak iPhone 11.

Kamera selfie 12MP mulai menunjukkan usianya dalam beberapa tahun terakhir, terutama ketika dibandingkan dengan ponsel seperti Galaxy S21 Ultra dan S22 Ultra.

Selain itu, iPhone benar-benar merekam video terbaik yang pernah ada di ponsel apa pun. Ini juga sangat andal untuk potret, fotografi cahaya rendah, videografi, dan bahkan video sinematik, yang dapat berguna jika digunakan dengan benar.

Tentu, kamera ultra-wide-angle iPhone perlu penyesuaian untuk tampil lebih baik dalam cahaya rendah, dan saya berpendapat Apple perlu mengembalikan penajaman dan saturasi dalam foto siang hari.

Tetapi secara keseluruhan, iPhone mungkin adalah ponsel kamera paling andal yang tersedia saat ini.

Yang ingin saya katakan adalah bahwa pada titik ini, lensa zoom periskop untuk akses jarak jauh tampak seperti bagian yang hilang dari teka-teki gambar iPhone yang indah. Ini bukan kamera pengindra kedalaman yang menarik atau alat fotografi makro khusus.

Lensa zoom jarak jauh dapat selamanya mengubah cara Anda mengambil foto dan video dengan ponsel Anda. Dan mungkin itu sebabnya saya melewatkan iPhone 14 Pro dan tetap menggunakan iPhone 8, atau mendapatkan iPhone 13 untuk digunakan dengan Pixel 6 Pro saya.

Bagaimana dengan Anda? Akankah penghilangan kamera zoom periskop memengaruhi keputusan pembelian Anda atau akankah kualitas video terkemuka dan masa pakai baterai yang diharapkan kembali pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max cukup untuk meyakinkan Anda?

Exit mobile version