IPhone 14 Dengan Layar 6,7 Inci Akan Segera Hadir

IPhone 14 Dengan Layar 6,7 Inci Akan Segera Hadir

Meski sepertinya iPhone 13 baru saja diluncurkan, namun iPhone 14 akan tersedia dalam waktu kurang dari enam bulan.

Apple Inc. memulai siklus tiga tahun untuk desain perangkat keras baru dengan iPhone 6 pada tahun 2014. Perusahaan memperkenalkan tampilan baru di tahun pertama desain baru.

Desainnya tetap sama di tahun kedua, tetapi bagian dalamnya ditingkatkan. Sedangkan desain mengalami beberapa modifikasi signifikan pada tahun ketiga.

Pola ini hadir dalam tiga desain sebelumnya:

  • Pada tahun 2014, iPhone 6 diluncurkan, disusul dengan iPhone 6s pada tahun 2015, keduanya memiliki desain yang sama.
  • Pada tahun 2016, iPhone 7 diluncurkan, dengan garis antena yang ditingkatkan, kamera ganda bergaya Plus, dan penghilangan jack headphone — tetapi dengan desain dasar yang sama.
  • IPhone X dirilis pada tahun 2017, sedangkan iPhone Xs dirilis pada tahun 2018 dengan desain yang sama. Pada tahun 2019, iPhone 11 dirilis dengan sistem kamera baru dan bagian belakang matte.
  • Kami telah sampai pada akhir siklus hidup iPhone 12. Desain ini memulai debutnya pada tahun 2020 dan dipertahankan dengan iPhone 13 pada tahun 2021.

Berbeda dengan iPhone 12 dan iPhone 13 yang memiliki desain sama dari tahun 2020 hingga 2021, iPhone 14 akan menghadirkan beberapa perubahan pada akhir tahun ini.

Sekitar lima bulan lagi kita akan bertemu dengan iPhone 14, namun apa yang harus kita harapkan dengan rilis terbaru?

Mark Gurman dari Bloomberg mengatakan, desain keseluruhan dari iPhone 12 dan iPhone 13 akan bertahan satu tahun lagi. Harapkan tepi datar dan sudut membulat yang sama, tetapi seperti yang telah Gurman laporkan di masa lalu, takik baru pada model Pro. Juga akan ada tonjolan kamera yang lebih besar agar sesuai dengan sensor baru.

Takik ini akan mencakup guntingan berbentuk pil untuk ID Wajah dan guntingan melingkar untuk kamera. Ini akan menjadi solusi Apple sehingga Anda dapat menyematkan ID Wajah dan seluruh kamera depan ke dalam layar yang sama. Kami masih memiliki setidaknya tiga atau empat tahun lagi.

Berbicara tentang tampilan, salah satu perbedaan terbesar dalam jajaran iPhone 14 adalah bahwa Apple sedang berupaya mengubah ukuran layarnya. Inilah solusi yang direncanakan Apple untuk iPhone 14:

  • iPhone 14 6,1 inci
  • iPhone 14 Max 6,7 inci
  • iPhone 14 Pro 6,1 inci
  • iPhone 14 Pro Max 6,7 inci

Jadi, untuk pertama kalinya, lini iPhone non-Pro akan mendapatkan opsi layar 6,7 inci. Saya pikir versi ponsel ini akan sangat populer karena pengguna sekarang bisa mendapatkan iPhone yang lebih besar dari Apple dengan harga kurang dari $200 atau sekitar Rp2,8 juta dari sebelumnya.

Tapi ini menciptakan dilema. Bagaimana Apple membedakan antara ponsel profesional dan non-profesionalnya?

Saat ini, perbedaan besar terletak pada lensa telefoto, bezel stainless steel, pemindai LiDAR, layar ProMotion, masa pakai baterai beberapa jam lagi, inti grafis tambahan, dan opsi penyimpanan 1TB.

Itu sepertinya tidak cukup untuk membenarkan status Pro dari perangkat kelas atas. Tetapi Apple melakukan lebih banyak untuk membedakan iPhone 14 Pro dari model kelas bawah:

  • Sensor 48MP baru untuk kamera sudut lebar (yang pada dasarnya adalah kamera “utama” pada iPhone) akan eksklusif untuk model Pro. Garis iPhone 14 biasa akan tetap dengan penembak 12MP.
  • Model Pro akan mendapatkan chip A16 baru Apple, sementara model standar kemungkinan akan tetap menggunakan chip A15 tahun lalu atau versi lain darinya. Kelangkaan chip mungkin telah memengaruhi pilihan ini, selain keinginan untuk menonjolkan Pro.

Sensor yang jauh lebih baik adalah nilai jual yang luar biasa bagi penggemar kamera untuk meningkatkan dari Standar ke Pro, tetapi saya ragu lompatan pemrosesan satu generasi akan cukup untuk memengaruhi keputusan pengguna.

Exit mobile version