Stablecoin Terra LUNA Runtuh, 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Crypto Crash

Stablecoin Terra LUNA

Selama beberapa hari terakhir, dunia cryptocurrency telah menghadapi guncangan hebat karena penurunan tajam stablecoin yang disebut TerraUSD dan koin saudaranya, Terra Luna. Kecelakaan itu telah mengguncang pasar crypto yang lebih luas, dan koin lain termasuk bitcoin dan tether juga terkena dampaknya.

Terra Luna sekarang hampir tidak berharga. Dalam minggu terakhir saja, bitcoin turun sekitar 25%. Ini turun lebih dari 50% dalam enam bulan terakhir. Beberapa orang membandingkan kehancuran itu dengan kehancuran finansial pada 2008.

Setelah agresif, investor crypto menjadi panik. Beberapa sudah menginjak rem, dan lainnya telah hancur. Pada hari Kamis, Reddit mulai memberikan dukungan dan sumber daya kepada pemegang cryptocurrency yang membahas bunuh diri di forumnya.

Salah satu dari mereka mengatakan bahwa temannya telah mencoba bunuh diri selama insiden itu. “Jangan sendirian, omong kosong ini semakin serius,” tulis orang itu.

Jatuhnya pasar cryptocurrency selama beberapa hari terakhir menggambarkan risiko besar yang dapat menyertai sistem keuangan yang baru lahir, yang sebagian besar dibiarkan tidak diatur.

Tapi apa yang sebenarnya terjadi? Bagaimana ini akan memengaruhi ekosistem kripto lainnya? Apa itu Terra, dan mengapa ia memiliki mata uang saudara perempuan yang disebut Luna? Inilah yang harus Anda ketahui.

Apa itu stablecoin?

Stablecoin adalah cryptocurrency yang dirancang untuk dipatok ke aset lain, seperti dolar AS atau euro. Ini seharusnya kurang stabil daripada cryptocurrency lain seperti bitcoin atau tether, yang dapat berfluktuasi sepanjang hari.

Stablecoin berfungsi sebagai tautan kembali ke sistem keuangan tradisional, bertindak sebagai mata uang dengan nilai yang dipahami banyak orang.

Investor yang ingin menghentikan uang mereka sambil tetap berada dalam ekosistem cryptocurrency dapat beralih ke stablecoin untuk menghindari naik turunnya pasar.

Beberapa stablecoin yang populer adalah Tether, stablecoin dengan kapitalisasi pasar terbesar, dan USD Coin, yang didirikan bersama dengan platform Coinbase Global.

Secara teori, stablecoin dolar AS harus mempertahankan nilainya $1 per token tetapi bukan itu yang terjadi minggu ini.

Apa itu TerraUSD dan Terra Luna?

Sementara beberapa stablecoin, seperti Tether, seharusnya didukung oleh aset, yang lain bergantung pada algoritme kompleks untuk mempertahankan pasak mereka terhadap dolar AS.

TerraUSD adalah salah satu stablecoin algoritmik tersebut. Ia mencoba untuk menjaga nilai dolar AS yang sama dengan menggunakan mekanisme ayunan yang kompleks dengan cryptocurrency terkait, yang disebut Terra Luna (atau hanya Luna).

Sementara nilai tepat 1 TerraUSD selalu diasumsikan $1, nilai Luna dapat berfluktuasi. Intinya, TerraUSD menggunakan Luna sebagai penyeimbang untuk mempertahankan pasaknya terhadap dolar. Berikut cara kerjanya:

Trending :   AI- Kecerdasan Buatan Untuk Analisis Data Bisnis. Apakah Mungkin?

Anda membakar atau menghancurkan TerraUSD untuk mencetak atau membuat Luna dan sebaliknya. Membakar TerraUSD memberi Anda $1 Luna, membakar $1 Luna selalu memberi Anda 1 TerraUSD. Ini seperti ayunan, dimana TerraUSD di satu ujung dan Luna di ujung lain.

Bayangkan nilai TerraUSD turun sedikit sehingga sekarang bernilai $0,99. Karena Anda selalu dapat menukar 1 TerraUSD dengan $1 dari Luna, orang pintar akan segera mengambil kesempatan untuk membeli sesuatu yang bernilai $1 seharga 99 sen, dan mendapat keuntungan kecil sebesar 1 sen. Jadi mereka membakar TerraUSD untuk mencetak Luna dan mendapatkan keuntungan.

Karena semakin banyak orang yang memegang TerraUSD mencoba menghasilkan 1 sen keuntungan dengan membakarnya untuk Luna, pasokan TerraUSD meningkat dan harganya naik hingga mencapai $1.

Sekarang bayangkan banyak orang mengambil keuntungan dari arbitrase bahwa harga 1 TerraUSD sebenarnya naik menjadi $1.01. Sekarang ini berarti bahwa orang yang memegang Luna menyadari bahwa jika mereka membakar Luna senilai $1, mereka bisa mendapatkan TerraUSD dan menghasilkan keuntungan ekstra.

Jadi semakin banyak orang yang membakar luna untuk membuat TerraUSD, persediaan TerraUSD meningkat dan harganya turun hingga mencapai $1.

Jujur saja: jika Anda termasuk di antara sebagian besar orang yang tidak sepenuhnya memahami mekanisme yang baru saja kami uraikan, Anda mungkin tidak perlu berinvestasi dalam stablecoin.

Jadi apa yang terjadi dengan TerraUSD dan Terra Luna minggu ini?
Pada dasarnya, tindakan menyeimbangkan TerraUSD dan Luna telah rusak.

Alasan terbesar kebanyakan orang memegang TerraUSD adalah karena sesuatu yang disebut Anchor Protocol. Anggap Anchor sebagai rekening tabungan TerraUSD Anda, tetapi Anchor memberi Anda bunga 20%. Itu merupakan tawaran yang sangat bagus untuk rekening tabungan.

Dalam beberapa bulan terakhir, masuk akal untuk hanya memarkir TerraUSD di akun Anchor dan melihat pengembalian 20% masuk, terutama karena tidak banyak yang benar-benar dapat Anda gunakan untuk crypto. Baru-baru ini Sabtu lalu, 75% dari total TerraUSD yang diperdagangkan disimpan dengan Anchor, menurut Coindesk.

Namun pada bulan Maret tahun ini, Anchor membuat keputusan untuk mengganti tarif 20% dengan tarif variabel. The Wall Street Journal mengatakan bahwa selama akhir pekan, sejumlah besar TerraUSD ditarik dari Anchor, mengkhawatirkan para pedagang dan mendorong mereka untuk menjual koin TerraUSD dan Luna mereka.

Kelompok investor lain menggunakan proyek blockchain yang disebut Curve Finance untuk menggantikan TerraUSD dengan stablecoin lainnya.

Orang-orang mulai menuju pintu keluar dengan membakar TerraUSD untuk Luna. Pasokan Luna membengkak, menyebabkan harga turun. Dalam arti tertentu, Luna didorong terlalu jauh dari ayunan.

Dengan semakin banyak orang yang mencoba menyingkirkan TerraUSD, mekanisme penyeimbangan berhenti bekerja. TerraUSD mogok, dan begitu pula Luna. Stablecoin turun menjadi $0,14 pada satu titik pada hari Jumat. Luna telah menjadi hampir tidak berharga, dengan harga yang turun menjadi kurang dari satu sen pada hari Jumat juga.

Trending :   Panduan Investasi Saham untuk Pemula

Do Kwon, pencipta TerraUSD dan Terra Luna, pada hari Rabu menguraikan rencana penyelamatan untuk mengatasi insiden tersebut. “Saya mengerti bahwa 72 jam terakhir sangat sulit bagi Anda semua – ketahuilah bahwa saya bertekad untuk bekerja dengan Anda semua untuk mengatasi krisis ini, dan kami akan mencari jalan keluar dari masalah ini,” tulisnya di Twitter.

“Tersandung jangka pendek tidak menentukan apa yang dapat Anda capai,” katanya di tweet lain. “Cara Anda merespons itulah yang terpenting.”

Apa artinya runtuhnya Terra LUNA untuk koin lain?

Pasar cryptocurrency, seperti sistem keuangan lainnya, saling terkait secara rumit. Dengan penurunan TerraUSD, kerugian mengalir ke mata uang kripto lainnya. Tether turun menjadi $0,96 pada hari Kamis, meskipun kemudian rebound untuk menyamai nilai dolar AS lagi.

Saat tether meluncur, bitcoin turun menjadi sekitar $25.400 pada hari Kamis, nilai terendah sejak Desember 2020, sebelum melonjak menjadi sekitar $29.500 pada hari Jumat.

Secara keseluruhan, seluruh pasar crypto telah berkurang lebih dari setengahnya sejak November, turun menjadi $1,2 triliun dari $2,9 triliun, menurut data dari CoinMarketCap.

Selain itu, keruntuhan kemungkinan akan berdampak pada sistem keuangan tradisional. Seperti yang ditunjukkan Matt Levine dari Bloomberg, beberapa pedagang tradisional memiliki cryptocurrency. Jika kepemilikan cryptocurrency mereka turun, itu dapat memengaruhi cara pedagang ini beroperasi di tempat lain.

Apa efek dari runtuhnya Terra LUNA?

Pertama, orang-orang nyata tampaknya kehilangan banyak uang. Di Reddit, anggota forum Terra Luna memposting tentang bunuh diri.

“Saya kehilangan lebih dari $ 450.000, dan tidak dapat membayar bank. Saya akan segera kehilangan rumah. Saya akan kehilangan tempat tinggal. Bunuh diri adalah satu-satunya jalan keluar bagi saya,” tulis seorang anggota. Anggota lain berbagi cerita pribadi tentang upaya bunuh diri di masa lalu dan berbagi sumber daya pencegahan bunuh diri.

“Keamanan dan kesejahteraan pengguna kami adalah prioritas utama bagi kami, dan kami mengambil langkah aktif untuk memberikan dukungan dan sumber daya di platform kami,” kata juru bicara Reddit dalam sebuah pernyataan kepada BuzzFeed News.

“Dalam situasi tertentu, kami menjangkau mediator untuk memberikan dukungan dan sumber daya kepada komunitas mereka, dan mereka telah melakukannya dalam kasus ini.”

Insiden ini juga menyebabkan lebih banyak seruan untuk regulasi. Bersaksi di depan Komite Perbankan, Perumahan, dan Urusan Perkotaan Senat pada hari Selasa, Menteri Keuangan Janet Yellen mencatat penurunan TerraUSD.

“Saya pikir ini hanya menunjukkan bahwa ini adalah produk yang tumbuh cepat dan ada risiko terhadap stabilitas keuangan dan kami membutuhkan kerangka kerja yang tepat,” katanya.

Sementara itu, crash telah menimbulkan keraguan di seluruh pasar crypto. Sekarang jelas, bahkan yang disebut stablecoin tidak sestabil yang mereka klaim.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU