5 Cara Membuka Kunci Smartphone Ketika Lupa Kata Sandi

5 Cara Membuka Smartphone Ketika Lupa Kata Sandi

Mengatur kata sandi atau PIN untuk mengunci layar pada smartphone adalah cara penting untuk menjaga kerahasiaan konten perangkat Anda. Di zaman ketika Anda memiliki informasi pribadi, profesional, dan keuangan di ponsel Anda, mengunci ponsel Anda telah menjadi kewajiban dan bukan pilihan.

Namun, jika Anda lupa dengan kata sandi smartphone Anda, maka anda dapat terkunci dari perangkat anda. Ada risiko lebih besar untuk lupa berkat pemindai sidik jari pada perangkat modern yang membuat kata sandi sebagai cadangan.

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat memperoleh kembali akses ke smartphone Anda jika Anda lupa kata sandi Anda.

Apakah Anda yakin Anda lupa?

Jika Anda baru saja menulis “Bagaimana cara membuka kunci ponsel Android, jika saya lupa kata sandi” di Google dan menemukan diri Anda di artikel ini, sebelum melanjutkan, sebaiknya luangkan waktu untuk memastikan bahwa Anda memang lupa kata sandi. Meskipun ini mungkin tampak jelas, ini akan menghemat banyak masalah dalam jangka panjang.

Android memungkinkan Anda memilih sejumlah digit untuk PIN atau kata sandi. Jika Anda mencoba mengingat kode empat atau enam digit, pertimbangkan apakah kode sandi Anda sebenarnya memiliki panjang yang berbeda. Ini dapat membantu Anda mengingatnya.

Trik lain untuk dicoba adalah membiarkan memori otot Anda bekerja. Pergilah dan lakukan tugas lain, lalu angkat telepon Anda dan lihat tombol mana yang secara otomatis menggerakkan jari Anda.

Tetapi jika Anda lupa PIN Android Anda, berikut adalah beberapa cara untuk membuka kunci smartphone Anda.

5 Cara membuka kunci smartphone ketika lupa PIN atau kata sandi

1. Buka kunci dengan Smart Lock

Smart Lock adalah fitur Android yang memungkinkan Anda menentukan kondisi tertentu yang mengabaikan keamanan layar kunci. Anda akan menemukannya di Settings > Security > Smart lock di sebagian besar ponsel, atau Settings > Lock Screen > Smart Lock Type di perangkat Samsung.

Namun, Anda harus mengaturnya sebelum Anda lupa kata sandi Anda!

Anda diminta untuk memasukkan kata sandi kunci Anda saat ini untuk membuat perubahan pada fitur tersebut. Kemudian Anda dapat memilih lima opsi yang memungkinkan untuk membuka kunci smartphone Anda tanpa kata sandi:

  • Deteksi pada tubuh: Ponsel mendeteksi bahwa Anda sedang memegangnya dan secara otomatis kuncinya akan terbuka saat berada di tangan atau di saku Anda.
  • Tempat tepercaya: Menggunakan lokasi Anda untuk membuka kunci ponsel saat Anda berada di dekat alamat yang telah Anda tentukan.
  • Perangkat tepercaya: Membuat perangkat Anda tidak terkunci saat terhubung ke perangkat Bluetooth tepercaya, seperti pelacak kebugaran atau mobil.
  • Wajah Tepercaya: Menggunakan pengenalan wajah untuk membuka kunci ponsel Anda.
  • Pencocokan suara: Saat mengenali suara tepercaya Anda, itu akan membuka kunci ponsel Anda. Sayangnya, opsi ini telah dihentikan di Android 8 Oreo dan yang lebih baru, meskipun masih berfungsi pada perangkat sebelumnya.

Jika Anda telah menyiapkan satu atau beberapa opsi ini sebelum Anda lupa kata sandi, Anda dapat menggunakannya untuk masuk kembali ke ponsel Anda.

Namun, Anda tidak dapat mengubah Smart Lock atau pengaturan kata sandi tanpa memasukkan kata sandi Anda saat ini. Dengan demikian, Anda mungkin masih perlu mengatur ulang ponsel Android ke pabrik, tetapi setidaknya Anda dapat mencadangkan semuanya terlebih dahulu.

2.Opsi untuk Perangkat Samsung

Apakah Anda memiliki perangkat Samsung? Untungnya, perusahaan menawarkan dua cara untuk mengatur ulang kata kunci Anda jika Anda lupa.

Gunakan PIN cadangan (hanya versi Android yang lebih lama)

 

Jika Anda memiliki ponsel Samsung lama dengan Android 4.4 KitKat atau versi lebih lama, Anda mungkin telah mengatur PIN cadangan. Setelah salah memasukkan kata sandi atau pola, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ketuk opsi PIN Cadangan jika Anda dapat mengingatnya.
  2. Ketik PIN Anda, lalu ketuk Selesai.
  3. Anda akan diarahkan ke pengaturan Buka Kunci Layar untuk mengatur ulang pola layar kunci.
Find My Mobile (Semua versi Android)

Anda tidak perlu khawatir jika Anda lupa kode kunci layar perangkat Anda (misalnya, PIN, kata sandi, atau pola).

Untuk semua ponselnya, Samsung menawarkan fitur yang memungkinkan Anda mengelola perangkat dari jarak jauh jika hilang. Anda harus masuk ke akun Samsung di ponsel Anda dan Anda harus memiliki Wi-Fi atau koneksi data seluler.

Untuk menyetel ulang kode sandi ponsel Anda melalui Find My Mobile, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Di komputer Anda, buka findmymobile.samsung.com.
  2. Sekarang, masuk ke akun Samsung Anda.
  3. Setelah ini selesai, buka opsi Unlock my Device/ Buka kunci perangkat saya dan ikuti instruksi.

3. Gunakan Forgot PIN Prompt

Jika Anda memiliki ponsel lama dengan Android 4.4 KitKat atau versi lebih lama, Anda dapat menyetel ulang kode sandi melalui layar kunci. Ini menggunakan akun Google Anda dan memerlukan langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan pola yang salah di layar kunci hingga Anda melihat bahwa saya telah melakukan beberapa upaya yang gagal. Coba lagi dalam 30 detik pesan tersebut.
  2. Ketuk Forgot Pattern/ Lupa pola, dan Anda akan melihat permintaan untuk memasukkan informasi akun Google Anda.
  3. Ketikkan alamat email dan kata sandi Anda.
  4. Anda sekarang memiliki opsi untuk mengatur ulang pola layar kunci Anda. Cukup klik pada tab Masuk, lalu buka pengaturan Buka Kunci Layar dan atur pola kunci layar baru.
    Sayangnya, Google telah menghapus opsi ini di Android versi terbaru.

4. Coba beberapa Peretasan Solusi

Jika Anda belum mengatur Smart Lock, tidak memiliki ponsel lama, atau tidak menggunakan perangkat Samsung, metode di atas tidak akan membantu Anda. Dalam kasus ini, Anda harus menggunakan peretasan solusi.

Hapus file PIN menggunakan ADB

Di Android, sistem membuat file KEY untuk menyimpan semua kredensial pengguna, seperti sidik jari, pola, atau kata sandi lainnya. Ini untuk memastikan bahwa ketika kata sandi yang benar dimasukkan, sistem segera membuka kunci dan menolak akses ke ponsel ketika kata sandi yang salah dimasukkan.

Dengan utilitas Android Debug Bridge (ADB), Anda dapat mengakses file ponsel melalui komputer. Anda dapat menggunakan ini untuk menghapus file yang mengontrol keamanan layar kunci ponsel.

Namun, metode ini hanya akan berfungsi jika:

  • USB debugging diaktifkan di ponsel Anda. Jika Anda tidak pernah masuk ke panel opsi pengembang, Anda tidak akan mengaktifkannya.
  • Anda telah mengizinkan komputer Anda untuk terhubung ke telepon Anda melalui ADB. Kami memiliki panduan untuk menggunakan ADB jika Anda tidak terbiasa.
  • Ponsel Anda tidak dienkripsi. Dimulai dengan Android 6.0 Marshmallow, Google mengharuskan semua ponsel Android dikirimkan terenkripsi. Karenanya, ini tidak akan berfungsi dengan perangkat yang lebih baru.

Cara ini tidak dijamin berhasil dan jika Anda tidak hati-hati, dapat merusak ponsel Anda. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan Anda mencadangkan semua yang ada di perangkat Android Anda sebelum melanjutkan.

Jika ponsel Anda memenuhi persyaratan ini, Anda dapat membuka kunci ponsel dengan langkah-langkah berikut:

  1. Hubungkan telepon Anda ke komputer Anda melalui kabel USB.
  2. Buka jendela Command Prompt atau Terminal ke direktori instalasi ADB Anda.
  3. Ketik adb shell rm /data/system/gesture.key dan tekan Enter.

Nyalakan ulang ponsel Anda. Setelah Anda melakukannya, layar kunci aman akan hilang.
Ini adalah kondisi sementara, jadi setel ulang PIN atau kunci pola Anda sebelum memulai kembali.

Nonaktifkan Layar Kunci

Metode ini berfungsi untuk perangkat terenkripsi yang menjalankan Android 5.0 hingga 5.1.1. Jadi ini hanya cocok untuk sebagian kecil ponsel tetapi patut dicoba jika Anda kebetulan menemukannya.

Untuk menonaktifkan layar kunci dan mengakses ponsel Anda:

  1. Ketuk opsi Paanggilan Darurat di layar kunci.
  2. Gunakan dialer untuk memasukkan 10 tanda bintang.
  3. Klik dua kali untuk menyorot teks ini dan pilih Salin.
  4. Tempel karakter yang dipilih di sebelah karakter asli yang disalin.
  5. Terus ulangi proses ini untuk menambahkan lebih banyak karakter ke ruang kata sandi sampai klik dua kali berhenti menyorot karakter.
  6. Buka pintasan kamera dan tarik bayangan pemberitahuan ke bawah.
  7. Ketuk ikon Pengaturan, di mana Anda akan diminta memasukkan kata sandi.
  8. Tekan lama pada bidang input dan pilih opsi Tempel. Kemudian ulangi proses beberapa kali untuk menyalin dan menempelkan lebih banyak karakter.
  9. Akhirnya, layar kunci akan macet dan memungkinkan Anda mengakses perangkat Anda.

5. Lakukan Reset Pabrik Android

Jika tidak ada satu pun di atas yang berfungsi untuk Anda, maka Anda harus menggunakan reset pabrik. Tentu saja, ini juga menghapus semua data di ponsel Anda. Jika Anda masuk ke akun Google Anda dan telah mencadangkannya, Anda dapat masuk lagi ke akun yang sama setelah mengatur ulang dan memulihkan banyak data Anda.

Karena Anda terkunci, Anda perlu menggunakan metode lain untuk melakukan reset. Cara termudah adalah dengan menggunakan Google Find My Device. Selama fitur ini diaktifkan di ponsel, Anda dapat mengetuk opsi Hapus perangkat di halaman ini untuk mengatur ulang.

Jika Anda tidak dapat menggunakan metode ini, Anda harus melakukan reset pabrik secara manual. Mari kita lakukan:

  1. Matikan perangkat Anda.
  2. Setelah layar benar-benar hitam, tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan untuk membuka menu bootloader Android. Kombinasi tombol ini dapat bervariasi tergantung pada ponsel Anda.
  3. Tekan tombol Volume Turun dua kali untuk memilih opsi Mode Pemulihan, lalu tekan tombol Daya untuk memilihnya.
  4. Tekan dan tahan tombol Daya dan tekan tombol Volume Naik sekali untuk masuk ke Mode Pemulihan.
  5. Gunakan tombol volume untuk menavigasi ke opsi Hapus data / Reset Pabrik. Ikuti langkah-langkah untuk melakukan reset pabrik.
  6. Setelah perangkat dimulai ulang, buka pengaturan lagi. Anda akan diminta untuk masuk kembali ke akun Google Anda, yang akan memulihkan semua data yang dicadangkan.

Kami menyarankan Anda untuk mengaktifkan fitur Smart Lock setelah Anda mengatur telepon Anda. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah membuka kunci ponsel Android di Wi-Fi rumah dan menghindari membuka kunci ponsel secara manual setiap saat.

Mencegah Penguncian Masa Depan di Android

Metode ini dapat mengembalikan Anda ke ponsel Android, tetapi tidak akan membantu Anda mengingat kata sandi untuk masuk di masa mendatang. Anda tidak ingin mengulangi langkah-langkah ini lagi, jadi sebaiknya lakukan tindakan pencegahan sekarang agar Anda tidak lupa kode sandi Anda di masa mendatang.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengingat kata sandi Android Anda di masa mendatang.

  • Simpan salinan fisik kata sandi Anda di suatu tempat yang hanya dapat Anda akses, seperti di brankas atau pengelola kata sandi.
  • Selalu gunakan kata sandi yang kuat yang dapat Anda ingat daripada menggunakan sesuatu yang jelas.
  • Pastikan Anda masuk ke akun Google Anda (dan akun Samsung, jika berlaku), dan setidaknya satu opsi Smart Lock diaktifkan.
  • Cadangkan data Android Anda untuk meredam pukulan jika Anda harus melakukan reset pabrik lagi.

Ingat Kata Sandi Anda

Hari-hari ini kita diharuskan memiliki kata sandi untuk hampir semua hal, dan mungkin sulit untuk mengingat semuanya. Pengelola kata sandi dapat membantu Anda mengawasi semua kata sandi yang berbeda, tetapi kata sandi itu tidak terlalu berguna jika Anda lupa PIN ponsel Android Anda.

Untuk mencegah Anda dari keharusan membaca artikel ini lagi di masa mendatang, ada baiknya menuliskan kata sandi ponsel Android Anda di tempat yang aman di rumah.

Exit mobile version