Gejala Kanker Stadium Akhir

Gejala Kanker Stadium Akhir

Kanker adalah kelompok penyakit yang cukup progresif yang melibatkan pertumbuhan sel abnormal yang berpotensi menyebar dan menyerang bagian tubuh lainnya.

Untuk pasien kanker yang memasuki stadium akhir kanker, ini dapat berarti bahwa kanker (tumor) yang lebih besar telah tumbuh secara signifikan ke jaringan di sekitarnya. Kanker telah menyebar ke organ atau bagian tubuh lain, yang selanjutnya merusak sistem kekebalan dan menyebabkan berbagai gejala fisik.

Dalam artikel ini, pelajari lebih lanjut tentang gejala umum kanker stadium akhir dan bagaimana perawatan rumah sakit dapat membantu orang yang Anda cintai selama masa sulit ini.

Gejala Kanker Stadium Akhir

Kanker stadium akhir umumnya yang paling sulit dan berat bagi pasien kanker, dengan timbulnya berbagai gejala termasuk:

Kehilangan nafsu makan/ penurunan berat badan

Ketika seseorang mendekati tahap terakhir kanker, mereka umumnya akan merasa sulit untuk makan atau minum atau mungkin kehilangan nafsu makan hampir sepenuhnya, bahkan untuk makanan yang biasanya mereka nikmati.

Orang yang Anda cintai mungkin kehilangan berat badan dan massa otot, yang dapat membuatnya sangat kurus dan menyebabkan kekurangan gizi. Ingatlah bahwa ini adalah proses yang sepenuhnya alami.

Saat seseorang mendekati akhir hidupnya maka semakin lambat sistem pencernaan tubuh mereka, sehingga tidak mungkin bagi mereka untuk mencerna makanan dan air.

Dehidrasi

Tidak berbeda dengan kehilangan nafsu makan, orang dalam kondisi ini mungkin tidak ingin minum, terutama karena mereka tidak dapat menelan atau minum cukup cairan. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi, yang seringkali dapat meningkatkan penurunan berat badan, kebingungan, mual atau kecemasan.

Trending :   Daftar Mobil Baru yang Diperkenalkan di IIMS 2023

Jika orang yang dicintai tidak dapat minum cukup cairan, mereka dapat diberikan cairan secara intravena (melalui pembuluh darah), namun perlu diingat bahwa ini dianggap situasi paliatif dan didasarkan pada keinginan pasien.

Kelelahan

Gejala umum lainnya dari mereka yang menderita kanker stadium akhir adalah mudah lelah dan memiliki energi yang jauh lebih sedikit. Orang yang Anda cintai mungkin kurang waspada atau aktif, mengantuk secara teratur, atau hanya lelah sepanjang waktu.

Perlu diingat bahwa kelelahan juga dapat sangat memengaruhi suasana hati, nafsu makan, dan perilaku mereka. Ini adalah lebih banyak alasan untuk memanfaatkan saat-saat yang tersisa bersama mereka, ketika mereka tidak merasa lelah atau cemas.

Muntah dan mual

Penderita kanker stadium akhir sering mengalami masalah mual dan muntah kronis, yang seringkali membuat mereka merasa mual atau tidak bisa makan atau minum tanpa harus muntah.

Mual dapat disebabkan oleh obat pereda nyeri, konstipasi, pertumbuhan kanker, obstruksi usus, atau pencernaan yang lambat. Selain itu, kecemasan atau kelelahan seringkali dapat memicu dan memperburuk perasaan ini. Catat durasi orang yang Anda cintai muntah. Muntah yang berlangsung lebih dari sehari dianggap parah dan harus ditangani oleh dokter.

Gejala lainnya

Gejala umum lainnya dari kanker stadium akhir termasuk kesulitan bernapas atau sesak napas, masalah kulit (kekeringan, gatal, kulit tipis, atau kemerahan sendi), masalah mulut (sakit tenggorokan atau mulut kering) dan sering sembelit. Hubungi ahli onkologi atau dokter Anda jika Anda melihat tanda-tanda ini, mungkin sudah waktunya untuk perawatan rumah sakit.

Manfaat Perawatan Hospice Untuk Pasien Kanker

Dengan munculnya gejala stadium akhir yang baru dan serius, stadium lanjut kanker dapat mengganggu pasien kanker dan orang yang mereka cintai. Untungnya, perawatan rumah sakit tersedia untuk pasien kanker stadium akhir yang telah didiagnosis dengan enam bulan atau kurang untuk hidup.

Trending :   3 Jenis Sakit Kepala dan Cara Mencegahnya

Hospice care adalah bentuk perawatan khusus yang tersedia untuk pasien dengan kanker stadium akhir yang berfokus pada menghilangkan rasa sakit dan gejala mereka, ssambil memperhatikan kebutuhan holistik mereka secara keseluruhan.

Berfokus pada menangani semua kebutuhan pasien baik fisik, emosional, sosial atau spiritual, perawatan Hospice berusaha untuk memajukan kesejahteraan pasien kanker, secara holistik dan spiritual.

Selanjutnya, kesehatan orang yang Anda cintai akan terus dipantau dan dinilai oleh tim profesional perawatan Hospice diantaranya dokter, perawat, pekerja sosial, terapis, dan konselor. Untuk memastikan bahwa perawatan mereka terus dimodifikasi dan dikoordinasikan untuk memenuhi kebutuhan dan gejala yang berubah.

Hospice akan memastikan bahwa orang yang Anda cintai merasa nyaman, bebas rasa sakit, dan dapat menikmati hidup sebanyak mungkin selama mereka berada di hospice.

Selanjutnya, dengan bekerja untuk mengidentifikasi tujuan, kebutuhan, dan keinginan perawatan, perawatan rumah sakit mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa pasien mengalami tahap akhir kehidupan dengan cara terbaik dan bermartabat.

Hospice care juga akan membantu pengasuh dan anggota keluarga pasien dengan memberikan dukungan panggilan 24 jam, perawatan tangguh, dan bimbingan emosional selama proses yang bergejolak.

Jika seseorang dalam keluarga Anda mulai memiliki salah satu gejala yang tercantum di atas, bicarakan dengan dokter mereka tentang perawatan rumah sakit segera, atau tanyakan kepada profesional perawatan rumah sakit bagaimana perawatan rumah sakit dapat membantu.

Setelah orang yang Anda cintai telah menerima persetujuan dari ahli onkologi atau dokter yang merawatnya, mereka dapat memulai perawatan di rumah sakit. Ingatlah bahwa perawatan rumah sakit adalah untuk pasien yang memiliki prognosis enam bulan atau kurang untuk hidup, bukan kesalahpahaman umum tentang hari-hari terakhir kehidupan. Semakin cepat diterima, semakin cepat manfaat yang diberikan oleh perawatan hospice akan diperoleh.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU