Apa Itu Pasar Saham dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa Itu Pasar Saham dan Pahami Cara Kerjanya

Belum tentu mudah bagi investor untuk berinvestasi di pasar saham. Apalagi jika Anda baru dalam membeli dan menjual saham, itu bisa terasa seperti kurva belajar yang curam.

Tapi jangan khawatir, dalam artikel ini, saya akan memandu Anda melalui dasar-dasar cara kerja pasar saham, dan bagaimana Anda dapat mulai berinvestasi di pasar hari ini.

Apa itu Pasar Saham?

Pasar saham adalah sekelompok pasar dan bursa di seluruh dunia, yang memungkinkan pembelian dan penjualan saham perusahaan publik dan banyak aktivitas terkait keamanan lainnya.

Di mana Pasar Saham Utama Terletak?

Di seluruh dunia, ada 60 bursa saham utama. Bursa saham terbesar Kanada adalah Toronto Stock Exchange (TSX), tetapi dengan total kapitalisasi kurang dari $2 triliun, itu kecil dibandingkan dengan bursa saham terbesar di dunia. Misalnya, pasar saham terbesar di dunia adalah New York Stock Exchange, dengan total kapitalisasi pasar hampir $30 triliun.

Di antara lima teratas adalah Nasdaq Stock Exchange ($11 triliun), Tokyo Stock Exchange di Jepang ($5 triliun), dan dua pasar terbesar China, Shanghai Stock Exchange dan Hong Kong Stock Exchange, masing-masing kurang dari $5 triliun.

Kapitalisasi pasar total mengacu pada kapitalisasi pasar total semua saham yang terdaftar di bursa efek.

Apa itu Indeks Pasar Saham?

Karena ribuan saham individu diperdagangkan di pasar setiap hari, lebih mudah untuk melacak kinerja pasar secara keseluruhan daripada melacak setiap saham. Ini dilakukan dengan menggunakan indeks pasar saham.

Trending :   Ide Bisnis Kreatif Yang Menghasilkan Banyak Uang

Di Amerika Utara, indeks pasar saham terbesar adalah S&P 500, Dow Jones Industrial Average, dan NASDAQ Composite. Indeks Komposit S&P/TSX di Kanada mewakili 230 perusahaan terbesar di Bursa Efek Toronto. Perusahaan-perusahaan ini membentuk sekitar 70% dari total kapitalisasi pasar TSX.

Investor dapat membeli reksa dana yang melacak indeks umum pasar saham yang berbeda. Dana indeks ini termasuk reksa dana dan ETF.

Apa Itu Saham?

Sebelum kita mempelajari lebih dalam bagaimana pasar saham bekerja, kita mungkin harus melihat saham individu terlebih dahulu. Ini akan berguna bagi siapa saja yang baru berinvestasi di pasar saham.

Saham merupakan kepemilikan sebagian aset perusahaan. Ketika Anda membeli saham, itu berarti Anda memiliki sebagian kecil dari perusahaan itu.

Betapapun kecilnya, hak kepemilikan ini memberi pemegang saham hak tertentu, seperti hak suara dan klaim atas aset dan keuntungan perusahaan.

Saham biasa dan saham preferen

Ada banyak kelas saham yang berbeda, tetapi dua jenis utama adalah biasa dan preferen. Seperti namanya, saham biasa adalah yang paling banyak diperdagangkan di antara keduanya.

Satu hal yang unik dari saham biasa adalah ia memiliki hak suara. Dengan kata lain, para pemegang saham memiliki hak untuk memilih pengangkatan dewan direksi perusahaan pada rapat umum tahunan dan hal-hal penting lainnya.

Pemegang saham preferen tidak memiliki hak suara, tetapi mereka memiliki klaim prioritas atas dividen dan aset perusahaan jika perusahaan sewaktu-waktu bangkrut. Tidak seperti saham biasa, saham preferen membayar dividen tetap dengan pengembalian rata-rata yang lebih tinggi daripada saham biasa.

Mengapa perusahaan menerbitkan saham?

Perusahaan menjual saham sebagai cara untuk mengumpulkan modal dalam jumlah besar untuk mendanai ekspansi mereka. Sementara banyak perusahaan terbesar di dunia mungkin telah dimulai sebagai ide di benak seorang pengusaha tunggal, di beberapa titik, sejumlah besar modal diperlukan untuk mengembangkan bisnis menjadi organisasi multinasional.

Trending :   Kerajinan Menjahit untuk Membuat Pakaian Sendiri

Perusahaan besar juga dapat meminjam untuk membiayai pertumbuhan mereka. Ini disebut sebagai pembiayaan utang. Tantangan dalam pembiayaan utang adalah bahwa perusahaan harus memiliki aset tetap yang tersedia untuk mendukung pinjaman, yang tidak selalu memungkinkan.

Berinvestasi melalui Broker

Kembali ke “masa lalu yang indah”, sebagian besar investor harus beralih ke broker saham dengan layanan lengkap untuk membeli dan menjual saham. Ini mahal dan tidak nyaman, tetapi pada saat itu, itu benar-benar satu-satunya pilihan.

Saat ini, broker telah dihapus, dan Anda dapat membeli dan menjual saham secara instan di laptop dari kenyamanan ruang tamu Anda, menggunakan broker diskon. Anda bahkan dapat berdagang di ponsel cerdas Anda. Investasi ini disebut sebagai “self-directed” karena investor membuat keputusan dan membuat kesepakatan.

Untuk berdagang secara online, yang Anda butuhkan hanyalah akun investasi mandiri dan koneksi internet.

Dua manfaat utama dari investasi mandiri adalah murah dan nyaman. Tergantung di mana Anda menyimpan akun Anda, Anda dapat membeli dan menjual saham dan ETF secara gratis.

Pemikiran Terakhir tentang Berinvestasi di Saham

Jika Anda ingin membeli dan menjual saham, tidak ada waktu yang lebih baik untuk memulai dari sekarang. Broker online seperti Questrade, Wealthsimple Trade, dan lainnya memungkinkan Anda membuka akun dan memulai trading online tanpa harus mengunjungi lokasi batu bata dan mortir. Anda harus memberi mereka ID dan nomor rekening bank utama Anda sebelum memulai.

Jika Anda mempertimbangkan untuk memperdagangkan saham atau ETF, pastikan untuk berkonsultasi dengan pakar investasi sebelum memulai. Mereka dapat memberi tahu Anda tentang memilih alokasi aset yang tepat, cara melakukan diversifikasi dengan benar, dan memastikan bahwa tujuan investasi Anda selaras dengan kepemilikan akun Anda.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU