5 Teknik Mengemudi Agar Hemat Bensin

5 Teknik Mengemudi Agar Hemat Bahan Bakar

Mengemudi hemat bensin dapat menghemat ratusan rupiah untuk bahan bakar setiap tahun, meningkatkan keselamatan di jalan, dan mencegah kendaraan Anda dari keausan.

Gunakan lima teknik mengemudi hemat bensin ini untuk mengurangi konsumsi bahan bakar kendaraan Anda dan emisi CO2 hingga 25%.

5 Teknik Mengemudi Hemat Bensin

1. Percepat secara perlahan

Semakin Anda mempercepat laju kendaraan, semakin banyak bahan bakar yang akan Anda gunakan. Di kota, Anda dapat menggunakan lebih sedikit bahan bakar dengan menginjak pedal akselerator secara perlahan.

Agar bahan bakar irit, luangkan waktu 5 detik untuk mempercepat kendaraan Anda hingga 20 km/jam dari posisi berhenti. Bayangkan secangkir kopi terbuka di dasbor. Jangan tumpahkan!

2. Pertahankan kecepatan konstan

Ketika kecepatan Anda tidak konstan, Anda menggunakan lebih banyak bahan bakar dan menghabiskan lebih banyak uang daripada yang Anda butuhkan.

Pengujian telah menunjukkan bahwa mengubah kecepatan Anda naik dan turun antara 75 dan 85 km/jam setiap 18 detik dapat meningkatkan penggunaan bahan bakar Anda sebesar 20%.

Pertimbangkan menggunakan cruise control untuk mengemudi di jalan raya, jika kondisinya memungkinkan. Namun, perlu diingat bahwa sedikit perbedaan dalam kecepatan sebenarnya bisa baik-baik saja ketika gravitasi bekerja.

Jika pola lalu lintas memungkinkan, biarkan kecepatan Anda berkurang saat Anda menanjak, lalu dapatkan kembali momentum Anda saat Anda meluncur di jalanan menurun.

3. Prakiraan lalu lintas

Lihatlah ke depan saat mengemudi untuk melihat apa yang akan terjadi. Pertahankan jarak yang nyaman antara kendaraan Anda dan kendaraan di depan Anda.

Dengan melihat secara dekat apa yang dilakukan pejalan kaki dan mobil lain, dan membayangkan apa yang akan mereka lakukan selanjutnya, Anda dapat menjaga kecepatan Anda sekonstan mungkin dan menggunakan lebih sedikit bahan bakar. Juga lebih aman untuk mengemudi dengan cara ini.

4. Hindari kecepatan tinggi

Tetap pada batas kecepatan dan hemat bahan bakar! Sebagian besar mobil, van, truk pikap, dan SUV lebih hemat bahan bakar saat mereka melaju antara 50 dan 80 kilometer per jam.

Di atas zona kecepatan ini, kendaraan menggunakan lebih banyak bahan bakar saat melaju lebih cepat.

Misalnya, pada kecepatan 120 km per jam, sebuah mobil menggunakan bahan bakar 20% lebih banyak daripada 100 km per jam. Dalam perjalanan 25 kilometer, peningkatan kecepatan ini, dan konsumsi bahan bakar, hanya akan memangkas waktu perjalanan Anda selama dua menit.

5. Mengurangi kecepatan atau melambat

Alih-alih menginjak rem, akan lebih menghemat bahan bakar jika Anda memperlambat atau mengurangi kecepatan kendaraan Anda.

Maka dari itu, disarankan untuk fokus melihat kedepan pada situasi lalu lintas. Dengan begitu, Anda dapat melihat sebelumnya, saat waktunya untuk melambat.

Cara lain untuk menghemat bensin

Berikut adalah cara yang lebih mudah untuk mengurangi konsumsi dan biaya bahan bakar:

Hindari kendaraan Anda menganggur

Matikan mesin mobil Anda jika telah diparkir lebih dari 60 detik, kecuali di lalu lintas. Sebuah mobil rata-rata dengan mesin 3 liter mengkonsumsi 300 mililiter (lebih dari 1 cangkir) bahan bakar per 10 menit saat menganggur.

Periksa tekanan ban setiap bulan

Mengendarai kendaraan dengan ban yang dipompa kurang dari 56 kPa (8 pon per inci persegi) dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar hingga 4%. Hal ini juga dapat mengurangi umur ban mobil Anda lebih dari 10.000 km.

Temukan tekanan ban yang benar untuk kendaraan Anda pada tanda informasi ban. Biasanya di te pi pintu pengemudi atau pilar pintu. Pelajari lebih lanjut tentang perawatan ban.

Gunakan transmisi manual dengan benar

Perhatikan tachometer, yang menunjukkan kecepatan mesin. Gunakan untuk mengetahui kapan harus mengganti transmisi manual untuk efisiensi bahan bakar yang optimal. Semakin tinggi putaran per menit, semakin banyak bahan bakar yang dibakar mesin. Jadi, pindahkan gigi ke gigi yang lebih rendah dengan mulus dan cepat, dan pindah gigi ke gigi yang lebih tinggi.

Jangan membawa beban yang tidak perlu

Singkirkan barang-barang yang tidak anda perlukan dari kendaraan Anda. Semakin sedikit bobotnya, semakin sedikit bahan bakar yang akan dikonsumsi kendaraan Anda. Konsumsi bahan bakar mobil ukuran sedang meningkat sekitar 1% untuk setiap 25 kilogram berat yang dibawanya.

Lepaskan atap atau rak sepeda

Sederhanakan kendaraan Anda dengan melepas rak saat tidak digunakan. Drag aerodinamis dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar hingga 20% di jalan raya.

Gunakan AC secukupnya

AC dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar mobil hingga 20%. Buka jendela saat mengemudi di kota, dan gunakan sistem ventilasi aliran dengan jendela di bagian atas jalan raya. Jika Anda menggunakan AC, gunakan opsi daur ulang. Ini akan mengurangi efeknya.

Gunakan tampilan konsumsi bahan bakar

Lihat dampak dari lima teknologi berkendara hemat bahan bakar secara langsung dengan bantuan tampilan konsumsi bahan bakar, fitur yang sekarang menjadi standar pada banyak kendaraan.

(Beberapa kendaraan baru dilengkapi dengan layar yang lebih canggih yang menganalisis perubahan kecepatan, titik perpindahan untuk transmisi manual, dan perilaku mengemudi seperti akselerasi dan waktu pengereman.)

Banyak pengemudi mengonsumsi bahan bakar 15% lebih sedikit dengan bertindak berdasarkan umpan balik yang diberikan oleh tampilan konsumsi bahan bakar.

Setelah Anda melakukan lima teknik mengemudi agar hemat bensin dan cara lain yang telah dibahas sebelumnya, pantau konsumsi bahan bakar Anda, untuk mengetahui berapa lama Anda bisa pergi tanpa mengisi tangki Anda.

Exit mobile version