5 Cara Merawat Cat Mobil Putih Agar Tidak Menguning

5 Cara Merawat Cat Mobil Putih Agar Tidak Menguning

Cara merawat cat mobil putih agar tidak menguning penting untuk diketahui para pecinta mobil khususnya mobil berwarna putih. Mengingat mobil dengan warna putih yang paling banyak terjual di dunia.

Banyak alasan yang menjadi dasar seseorang memilih mobil berwarna putih. Warna putih akan membuat mobil terlihat besar jika dibandingkan dengan warna hitam yang cenderung membuat mobil terlihat ramping.

Selain membuat mobil terlihat besar, mobil dengan warna putih tidak menyerap banyak panas dan membantu mendinginkan mobil Anda di hari-hari yang panas.

Namun jangan salah, perawatan untuk mobil berwarna putih ternyata tidak mudah.

Jika hujan, atau jika Anda melewati jalan dengan genangan air dan lumpur, mobil putih Anda akan menunjukkan kotoran yang dipercikkan oleh ban Anda. Faktanya, warna mobil putihlah yang akan menunjukkan kotoran paling jelas.

Goresan juga akan sangat terlihat. Jika Anda tidak merawat eksterior mobil Anda secara teratur, itu bisa menjadi titik fokus kotoran dan karat. Ini akan sangat terlihat!

Seiring berjalannya waktu, cat putih pada mobil juga akan menjadi kusam dan menguning. Masalah ini disebabkan karena debu dan kotoran yang menempel pada bodi mobil tidak segera dibersihkan.

Kotoran yang menempel pada mobil jika tidak segera dibersihkan akan menimbulkan oksidasi saat terkena sinar matahari. Hal ini berdampak pada kerusakan lapisan clear coat pada bodi mobil dan mengakibatkan cat mobil putih menjadi kusam dan menguning.

Untuk itulah, diperlukan perawatan yang tepat untuk melindungi dan menjaga cat mobil agar tetap seperti baru. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat cat mobil putih Anda agar tidak menguning.

5 Cara Merawat Cat Mobil Putih Agar Tidak Menguning

Rajin melakukan perawatan mobil di salon

Semakin lama mobil digunakan, tentu warna cat pada mobil akan memudar. Agar cat putih pada mobil bisa bertahan lama, rutinlah membawa mobil putih Anda ke salon. Disini, mobil Anda akan mendapatkan perawatan coating berkualitas. Coating mobil dilakukan agar cat mobil jadi lebih terlindungi dari risiko kusam dan menguning.

Rajin mencuci mobil terutama setelah kehujanan

Mencuci mobil setelah kehujanan tidak hanya bertujuan untuk membersihkan mobil dari lumpur yang menempel. Tetapi mencuci mobil juga jadi cara pertama untuk melindungi mobil dari risiko kerusakan akibat hujan.

Semakin cepat Anda mencuci mobil setelah kehujanan, akan semakin mudah bercak dan kerak lumpur dibersihkan dari mobil Anda. Sebaliknya, jika mobil tidak segera dicuci sisa air hujan yang membekas lama dan terlanjur mengering di permukaan eksterior mobil akan meninggalkan bercak yang membandel.

Hindari mencuci mobil di bawah terik matahari

Mencuci mobil dibawah sinar matahari langsung akan mempercepat perubahan warna cat mobil dan bisa membuat pudar. Paparan sinar matahari pada permukaan mobil yang basah akan memicu kerusakan pada cat mobil.

Terlebih lagi jika Anda mencuci mobil menggunakan shampoo khusus mobil. Rentang waktu dari membersihkan seluruh bodi mobil dengan shampoo hingga membilas membuat shampoo mengering sebelum waktunya dibilas. Busa dari shampoo yang mengering akan menyebabkan jamur pada bodi mobil.

Hindari memarkirkan mobil di bawah terik matahari langsung

Paparan sinar matahari secara langsung pada mobil dapat mengakibatkan dampak buruk pada eksterior mobil, seperti cat yang kusam. Tidak hanya eksterior mobil, tetapi juga merusak bagian interior pada  mobil, bagian yang terbuat dari karet, seperti halnya wiper akan mengeras dan tidak elastis lagi sehingga jika digunakan terus menerus akan menggores kaca mobil.

Untuk menghindari hal tersebut, usahakan mobil diparkir di tempat yang beratap sehingga tetap terjaga dari sinar UV atau menutupinya dengan penutup kain mobil yang sudah dilengkapi dengan penangkal sinar UV.

Melakukan pemolesan pada Mobil

Rajin mencuci mobil sebenarnya tidak cukup untuk mempertahankan cat mobil warna putih agar tetap bersih dan berkilau. Diperlukan pemolesan supaya mobil tetap berkilau seperti baru. Pemolesan juga akan menghilangkan jamur yang menempel sehingga mampu mencegah cat pada mobil mengelupas. Namun, pemolesan tidak boleh terlalu sering dilakukan.

Proses pemulihan atau mengembalikan warna putih menjadi cerah dari kusam itu sangat sulit dilakukan. Maka dari itu, ikuti 5 cara merawat cat mobil putih diatas agar mobil Anda tidak menguning.

Exit mobile version