Cara Investasi Emas Antam yang Mudah Untuk Pemula

Cara Investasi Emas Antam yang Mudah Untuk Pemula.docx

Selain saham, investasi emas juga dianggap sebagai pilihan yang menjanjikan dan bisa menghasilkan keuntungan. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui tentang cara berinvestasi emas.

Selain dapat dibeli dalam bentuk perhiasan, emas juga dapat dibeli dalam bentuk emas batangan. Produk logam mulia Antam dapat menjadi pilihan Anda, jika ingin melakukan investasi emas.

Saat ini, aset logam mulia ini menjadi investasi yang tepat untuk jangka panjang lebih dari lima tahun. Harga emas juga cenderung selalu naik dan jarang menunjukkan adanya penurunan yang signifikan.

Di samping itu, berinvestasi di logam mulia juga membutuhkan modal yang lebih ringan dan biaya rendah jika dibandingkan dengan saham. Selain itu, investasi emas dapat melindungi diri Anda dari inflasi. Bahkan saat nilai mata uang jatuh, emas dapat mempertahankan nilainya dari waktu ke waktu.

Maka dari itu, banyak orang memilih berinvestasi di logam mulia untuk mempersiapkan tujuan keuangan di masa depan. Berikut cara investasi emas antam yang mudah untuk dipahami pemula sebelum mulai berinvestasi.

Cara Investasi Emas Antam yang Mudah Untuk Pemula

Menentukan Tujuan Investasi

Cara yang pertama yaitu pastikan Anda mengetahui tujuan Anda berinvestasi. Banyak tujuan yang menjadi target dalam berinvestasi, diantaranya biaya pendidikan anak, biaya haji, investasi hari tua, atau tujuan kuangan lainnya dalam kurun waktu 10 tahun ke depan.

Jika Anda sudah memiliki tujuan yang pasti, maka Anda juga sudah mengetahui berapa besaran emas yang akan diinvestasikan setiap bulannya. Dengan begitu, Anda dapat menghasilkan keuntungan yang optimal di masa yang akan datang dan dapat mencapai tujuan dalam kurun waktu yang sudah ditentukan.

Memantau Perkembangan Harga Emas

Selanjutnya, sebagai pemula Anda harus memantau perkembangan harga emas. Meskipun dikenal sebagai alat investasi yang paling stabil, emas terkadang juga mengalami penurunan harga.

Momen saat harga turun inilah menjadi waktu yang tepat untuk Anda membeli emas. Lalu, Anda dapat menjualnya di saat harga emas mulai naik. Namun, investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jenis investasi jangka panjang, yaitu dalam kurun waktu 5-10 tahun.

Dalam berinvestasi di logam mulia, Anda sebaiknya menabung emas secara rutin tanpa menunggu herganya turun. Dengan begitu, Anda akan memperoleh keuntungan dalam jangka panjang.

Berdasarkan data per 24 Juni 2022, grafik harga emas dalam kurun waktu 10 tahun mengalami kenaikan sebesar 56,08%. Hal ini menunjukkan bahwa aset ini begitu menjanjikan di masa depan.

Membeli Emas Ditempat yang Terpecaya

Agar lebih aman, Anda sebaiknya membeli emas di butik emas logam mulia atau toko yang menjual emas secara resmi dan terpercaya. Saat Anda membeli emas, pastikan Anda mendapatkan surat-surat dan sertifikatnya.

Anda dapat membelinya di PT ANTAM. Antam sendiri memberikan pelayanan secara offline dan online. Untuk membelinya secara offline, Anda dapat mendatangi salah satu butik emas logam mulia yang tersebar di 11 kota besar di Indonesia.

Sedangkan pembelian secara online bisa Anda lakukan dengan mengunjungi website www.logammulia.com dan e-commerce.

Selain itu, Anda juga dapat membeli dan membuka rekening tabungan emas di PT Pegadaian yang ada di kota Anda.

Akan lebih aman jika Anda membeli emas di dua tempat ini, karena keduanya merupakan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN sehingga penjualannya lebih terpercaya.

Menentukan Tempat Penyimpanan

Sebagai pemula, Anda juga harus mengetahui tempat menyimpan emas yang aman. Khusus bagi Anda yang membeli emas fisik, barang tersebut dapat disimpan di dalam brankas atau safety box di rumah.

Jika di rumah dirasa kurang aman, Anda juga bisa menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) di bank, menyimpan di Pegadaian, atau memanfaatkan layanan Brankas LM yang disediakan oleh Antam.

Mengetahui Waktu yang Tepat Mencairkan Emas

Tujuan Anda berinvestasi yaitu untuk tabungan masa depan baik itu sifatnya jangka pendek atau jangka panjang yaitu bisa 5 sampai 10 tahun mendatang. Jika tujuan Anda dalam berinvestasi sudah tercapai, segera cairkan.

Namun jika Anda menginginkan keuntungan yang lebih besar, Anda bisa menyimpannya lebih lama.

Itulah lima cara investasi emas antam yang mudah untuk pemula. Selamat berinvestasi dan jangan lupa cek harga emas hari ini.

Exit mobile version