Berapa Lama Batuk Rejan Sembuh?

Berapa Lama Batuk Rejan Sembuh?

Berapa lama batuk rejan sembuh? Mitos atau fakta bahwa batuk rejan baru bisa sembuh setelah waktu 100 hari?

Batuk rejan atau Pertusis merupakan infeksi bakteri yang disebabkan oleh Bordetella pertussis di saluran pernapasan. Batuk rejan merupakan penyakit yang sangat menular dan dapat menyebar dengan mudah melalui udara.

Penyakit ini dapat ditularkan pada orang-orang dari segala usia, terutama bayi yang memiliki peluang terbesar terkena batuk rejan.

Secara umum, batuk rejan pada tahap awal biasanya ringan seperti flu biasa. Gejalanya bisa termasuk pilek, demam ringan, kelelahan, dan batuk ringan.

Seiring waktu, serangan batuk menjadi lebih parah. Batuk dapat berlangsung selama beberapa minggu, bahkan bisa sampai 10 minggu atau lebih. Studi ilmiah menunjukkan bahwa, 1 dari 20 orang dewasa dengan batuk yang berlangsung lebih dari dua atau tiga minggu kemungkinan menderita batuk rejan.

Tingkat keparahan gejala dapat bervariasi pada orang dewasa. Gejala akan lebih ringan jika Anda telah mendapatkan perlindungan terhadap batuk rejan dari vaksinasi maupun antibiotik. Oleh karena itu, dapatkan vaksin dan antibiotik untuk meminimalisir risiko terinfeksi batuk rejan.

Berapa Lama Batuk Rejan Sembuh?

Gejala awal yang menandai batuk rejan akan muncul sekitar tujuh sampai 10 hari setelah Anda terinfeksi oleh bakteri. Pada anak-anak, gejala pertusis yang dialami bisa lebih spesifik, seperti sesak napas ketika mereka berbaring atau tidur. Sedangkan pada orang dewasa, gejala yang dialami mungkin termasuk:

  • Batuk yang sangat parah dan berkepanjangan yang diikuti dengan sesak napas
  • Muntah dan kelelahan setelah batuk rejan kambuh

Seseorang yang terinfeksi bakteri dari batuk rejan, akan mengalami beberapa fase, diantaranya sebagai berikut.

Fase Infeksi Batuk Rejan

Biasanya dibutuhkan sekitar tujuh sampai 10 hari setelah terpapar infeksi untuk gejala dimulai. Mungkin diperlukan dua hingga tiga bulan untuk pulih sepenuhnya dari batuk rejan.

Dokter membagi tahapan infeksi batuk rejan menjadi tiga fase, dimana setiap fase menunjukkan gejala yang berbeda-beda.

Gejala Batuk Rejan Fase 1

Fase pertama batuk rejan bisa berlangsung selama satu hingga dua minggu. Biasanya gejalanya masih ringan mirip seperti flu biasa. Pada fase ini, Anda akan mengalami hidung tersumbat, demam, dan batuk ringan. Selama waktu ini, gejala yang muncul bisa menular ke orang lain yang berkontak erat dengan Anda.

Gejala Batuk Rejan Fase 2

Anda akan mengalami batuk parah selama tahap ini. Di antara serangan batuk, gejala-gejala lain yang kerap muncul pada fase kedua diantaranya:

  • Muntah
  • Mata berair
  • Wajah berubah pucat membiru (biasanya pada anak-anak) atau memerah
  • Merasakan kelelahan ekstrem
  • Dada terasa sakit saat batuk rejan kambuh
  • Suara mengi semakin tinggi, terutama saat menarik napas setelah batuk

Muntah dan kelelahan dapat terjadi setelah batuk parah. Fase ini biasanya berlangsung selama satu hingga enam minggu, tetapi kondisi ini juga dapat berlangsung hingga 10 minggu. Anda tetap bisa menularkan batuk rejan sampai sekitar dua minggu selama batuk kambuh.

Gejala Batuk Rejan Fase 3

Pada tahap ini batuk mulai berkurang dan tidak lagi menular. Tahap ini biasanya berlangsung dua hingga tiga minggu. Karena Anda lebih mungkin terkena infeksi pernapasan lainnya, termasuk flu biasa, pemulihan mungkin memakan waktu lebih lama jika penyakit lain terjadi.

Jadi, berapa lama batuk rejan sembuh? Melihat dari tiga fase tahapan infeksi, batuk rejan kemungkinan akan sembuh setelah pemulihan yang umumnya berlangsung selama satu hingga tiga bulan. Dan selama waktu ini, gangguan kesehatan yang Anda alami biasanya mulai berangsur membaik.

Exit mobile version