File yang Tidak Boleh Dihapus di Android

File yang Tidak Boleh Dihapus di Android
Credit: Rami Al-zayat/kumparan.com

Ada beberapa file yang tidak boleh dihapus di Android. File Android pada smartphone merupakan inti dari OS atau operating system pada handphone kita. File tersebut tentu cukup penting agar smartphone yang kita gunakan dapat berfungsi dengan baik.

Akan ada beberapa masalah jika Anda menghapus file yang seharusnya tidak diperbolehkan untuk dihapus. Hal ini akan berakibat pada ponsel tidak berfungsi dengan normal dan aplikasi yang sudah terinstall tidak berjalan dengan baik.

Lalu, apa saja file-file yang tidak boleh dihapus? Berikut file yang tidak diperbolehkan untuk dihapus di Android.

File yang Tidak Boleh Dihapus di Android

OS Android

OS Android merupakan File system Android yang digunakan untuk mengatur file dan folder pada media penyimpanan. File ini tidak terlihat di aplikasi, dan tidak dapat kita hapus. Karena file tersebut adalah sistem operasi yang tersembunyi dan terlindungi oleh system.

File Aplikasi Bawaan (Bloatware)

File aplikasi bawaan (Bloatware) merupakan sebutan untuk perangkat lunak yang telah terinstall sebelumnya pada perangkat ponsel.

Beberapa dari aplikasi tersebut dapat memberikan manfaat, namun terdapat pula beberapa aplikasi bawaan yang tidak berguna dan bahkan dapat mengganggu.

aplikasi yang tidak Anda butuhkan tentu akan menyita ruang penyimpanan hingga memakan kapasitas RAM pada smartphone. Hal ini tentu akan mengakibatkan smartphone anda menjadi lemot.

Namun, jika Anda salah dalam menghapus aplikasi, itu akan berdampak pada kinerja android kita atau bahkan error. Berikut aplikasi bawaan Android yang tidak boleh dihapus.

Trending :   Cara Membuat NPWP Online

Aplikasi Bawaan Android Yang Tidak Boleh Dihapus

Ada beberapa aplikasi yang tidak boleh dihapus begitu saja karena dapat mempengaruhi kinerja aplikasi lainnya. Berikut beberapa diantaranya.

Google Play Services

Jika Anda menghapus aplikasi Google Play atau Google Play service maka di pastikan dan secara otomatis aplikasi YouTube, Gmail, Google Play Game dan produk google lainnya tidak bisa dipakai. Fungsi dari aplikasi ini yaitu untuk mengatur semua produk Google pada smartphone Anda.

Dengan kalian menghapus aplikasi Google Play Services maka beberapa produk dari google tidak lagi berjalan normal atau bahkan mungkin tidak bisa di jalankan.

Google Play Store

Semua pengguna smarphone tentu sudah tau fungsi dari aplikai ini. Selain untuk download dan update aplikasi, Google Play Store memiliki manfaat lain yang tersembunyi, yaitu menonaktifkan aplikasi bawaan pada smartphone.

Selain itu, adanya Google Play Store dapat memudahkan kita untuk mendowload aplikasi yang kita butuhkan. Ini akan menghindari adanya virus yang masuk ke smartphone kita apabila mendownload di toko aplikasi yang tidak resmi. Pasang aplikasi Antivirus jika terpaksa mendownload di luar play store.

Launcher atau Peluncur Sistem

Apabila Anda menghapus aplikasi launcher atau peluncur sistem bawaan pada smartphone ini akan mengakibatkan system error. Dan pastinya android akan susah untuk kita operasikan.

Kontak

Selain aplikasi yang berhubungan dengan sistem Android, kontak juga termasuk aplikasi yang tidak boleh dihapus. Di aplikasi Kontak, Anda dapat menyimpan seluruh nomor telepon dari teman dan keluarga. Tentu hal ini menjadi bagian penting dari Android.

Aplikasi Setelan atau Settings

Aplikasi Setelan atau Settings adalah aplikasi pendukung dari smartphone Android. Ini berfungsi untuk mengatur bagian-bagian terpenting yang ada pada perangkat Android.

Trending :   Penerapan Internet of Things (IoT) Dalam Rumah Pintar (Smart Home)

Perangkat-perangkat tersebut diantaranya pengaturan bahasa, konektivitas, aplikasi, penyimpanan, baterai, keamanan, tanggal dan waktu, akun, dan berbagai hal lainnya.

Jika Anda menghapus Pengaturan Android, maka Anda akan kesulitan dalam mengatur sistem dan aplikasi yang terinstall pada smartphone.

Aplikasi Browser Bawaan

Sering kita jumpai terdapat beberapa aplikasi browser yang terpasang di Android. Padahal, satu aplikasi browser sudah cukup untuk kita.

Namun, terkadang aplikasi tersebut bawaan dari Android, sehingga tidak bisa dihapus.

Sebenarnya, aplikasi browser sangat membantu dalam melakukan pencarian segala informasi yang kita butuhkan. Akan tetapi, tidak semua aplikasi browser pada Google Play Store berjalan lancar seperti browser bawaan.

Aplikasi Email

Terakhir ada aplikasi e-mail yang tidak boleh kamu hapus di Android. Akun e-mail berfungsi untuk mendaftarkan dan membuka aplikasi yang ter-instal di ponsel Anda.

Oleh sebab itu, aplikasi ini penting untuk kelancaran penggunaan aplikasi lainnya. Selain itu, e-mail juga berfungsi untuk sinkronisasi data jika Android mengalami reset.

Itulah beberapa file yang tidak boleh dihapus di Android agar tidak berisiko pada sistem kerja smartphone.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU