Cara Membersihkan Karburator Motor Jupiter Z

Cara Membersihkan Karburator Motor Jupiter Z
Cara Membersihkan Karburator Motor Jupiter Z

Bagi Anda pengendara motor Yamaha khususnya Jupiter Z, penting untuk mengetahui cara membersihkan karburator motor Jupiter Z.

Karburator merupakan komponen yang terdapat pada mesin bensin yang berfungsi untuk mencampurkan udara dan bahan bakar sehingga menghasilkan tenaga penggerak.

Jika karburator kotor karena jarang dibersihkan, ini akan menyebabkan suara kasar atau bunyi brebet pada motor Jupiter Z Anda.

Oleh sebab itu, segera bersihkan karburator motor Anda dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Berikut cara membersihkan karburator motor Jupiter Z.

Cara Membersihkan Karburator Motor Jupiter Z

Melepaskan Karburator dari Dudukan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam membersihkan karburator yaitu melepaskan karburator motor dari dudukan. Lepaskan karburator dengan menggunakan alat atau kunci-kunci yang sudah Anda siapkan.

Dalam melepaskan karburator ini, Anda harus hati-hati agar lebih mudah untuk membersihkan bagian-bagian dari karburator motor yang kotor.

Buka Mangkuk Karburator Kemudian Bersihkan

Langkah kedua yaitu membuka mangkok karburator motor dengan melepas semua baut pengaitnya. Selanjutnya, lihat endapan yang terbentuk atau mungkin terdapat kontaminasi air di dalam mangkok tersebut.

Anda dapat membersihkan karburator dengan menggunakan kuas lembut dan kemudian bilas dengan bensin, karena membersihkan karburator dengan menggunakan bensin akan lebih bersih.

Membersihkan Filter Udara

Langkah ketiga, Anda bisa mulai membersihkan filter udara. Untuk melakukannya, lepaskan filter udara terlebih dahulu agar dapat dibersihkan dengan mudah.  Dalam membersihkan filter udara, Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus.

Trending :   Mobil Listrik Mungil Mirip Alphard Meluncur, Harga Rp 86 Jutaan

Setelah pembersihan selesai maka diamkan filter udara beberapa saat sampai cairan pembersih mengering sendiri.

Lepas Dan Bersihkan Pilot Jet, main jet, dan Neddle Jet

Langkah selanjutnya, lepaskan bagian pilot jet, main jet dan juga needle jet dari karburator motor. Dalam melepas bagian-bagian ini, Anda perlu melakukannya satu per satu dengan hati-hati.

Bersihkan tiga bagian tersebut dengan cara meniup bagian lubang. Akan lebih mudah untuk membersihkannya jika anda menggunakan kompresor dibandingkan harus meniup secara manual.

Jangan lupa juga untuk membersihkan badan karburator, semprot bagian lubang pada moncong karburator agar bersih dari kotoran dan air yang menyumbat.

Membersihkan Spuyer Karburator

Spuyer juga menjadi komponen yang wajib Anda bersihkan. Bagian ini cukup penting untuk dibersihkan karena sangat berpengaruh pada kinerja mesin pada motor Jupiter Z milik Anda.

Dalam proses membersihkan Spuyer, Anda bisa menggunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran yang menempel. Bersihkan dengan hati-hati supaya tidak merubah ukuran dari diameter spuyer kompresor.

Jika cara membersihkan spuyer karburator salah, maka spuyer kompresor akan mengalami perubahan pada ukuran diameternya.

Perubahan ukuran diameter ini, akan mengakibatkan mesin motor Anda tidak bisa dihidupkan. Maka dari itu, kehati-hatian dan ketelitian ketika menginjak proses ini mutlak diperlukan agar penerapan cara ini menjadi lebih maksimal.

Rakit Karburator dan Pasang Kembali

Jika seluruh bagian pada karburator sudah dibersihkan, langkah terakhir yaitu merakit kembali semua komponen karburator yang telah dilepas sebelumnya. Jangan lupa juga untuk mengatur campuran bahan bakar dengan menyetel tingkat ketinggian pelampung bensin.

Itulah beberapa cara membersihkan karburator motor Jupiter Z. Cara diatas cukup mudah untuk diikuti. Jadi kalian tidak perlu pergi ke bengkel hanya untuk membersihkan bagian karburator. Hanya saja jika dibersihkan di bengkel akan lebih bersih karena menggunakan kompresor.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU