Cara Setting Karburator 2 Tak Agar Irit

Cara Setting Karburator 2 Tak Agar Irit
Cara Setting Karburator 2 Tak Agar Irit

Bagi Anda pengendara motor dengan mesin 2 tak, penting untuk mengetahui cara setting karburator 2 tak agar irit.

Tidak jarang motor 2 tak menimbulkan suara brebet. Selain itu, mesin ngebul juga menjadi persoalan bagi pengguna motor ini. Masalah ini disebabkan oleh settingan karburator yang kurang tepat.

Disamping itu, settingan karburator yang kurang tepat juga akan membuat motor 2 tak Anda menjadi boros bensin dan oli samping. Karena karburator merupakan komponen yang berperan penting mencampurkan udara dan bahan bakar dalam menghasilkan tenaga penggerak.

Berikut cara setting karburator 2 tak yang tepat agar tidak menimbulkan suara brebet dan irit bahan bakar.

Cara Setting Karburator 2 Tak Agar Irit

Dalam setting karburator 2 tak, langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memutar screw setelan angin hingga mentok. Anda dapat memutarnya kearah kanan atau searah dengan jarum jam.
  • Selanjutnya, putar gas motor hingga mencapai putaran mesin kira-kira 3.000 rpm.
  • Setelah itu, putar kembali screw setelan angin berlawanan dengan arah jarum jam sebanyak 2,5 putaran atau 900 derajat.
  • Langkah berikutnya, hidupkan sepeda motor Anda dan dengarkan suara mesin apakah masih brebet atau tidak (sudah berbunyi kencang).
  • Bila masih terdengar brebet, coba putar sedikit ke kiri atau ke kanan sampai suara mesin motor dirasa sesuai dengan keinginan Anda.
  • Jika dirasa sudah cukup, putar screw setelan gas pada posisi langsam atau idle hingga rpm dirasa pas. Screw setelan gas tidak boleh terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, karena jika rpm terlalu rendah akan mengakibatkan motor tidak akan langsam dan gampang mati.
  • Langkah terakhir, setel pilot jet dan main jet

Jika langkah penyetelan diatas sudah Anda lakukan tapi motor masih brebet, Anda bisa bongkar karburatornya untuk memastikan spuyer seperti pilot jet dan main jet dalam kondisi yang bersih tanpa kerak dan masih normal.

Namun, jika spuyer sudah tidak normal, Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Di sini, ukuran pilot jet dan main jet dari karburator yang akan Anda pasang juga harus diperhatikan. Pastikan pilot jet dan main jet sesuai standar, tidak boleh terlalu besat atau pun terlalu kecil.

Pilot jet sendiri berfungsi mengatur jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang karbu. Sementara main jet membuat bensin di dalam ruang pembakaran dapat disesuaikan.

Hal tersebut harus dilakukan agar motor Anda mendapatkan settingan yang tepat sehingga Anda dapat merasakan naiknya tenaga motor.

Jika ukuran pilot jet dan main jet dari karburator tersebut tidak sesuai, akibatnya motor jadi tidak enak. Biasanya yang kita rasakan adalah bahan bakar jauh lebih boros dan motor terasa tidak ada tenaga.

Itulah cara setting karburator 2 tak agar irit. Jika Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar maka motor Anda akan lebih irit bahan bakar. Selain itu juga busi tidak mudah kotor, asap tidak ngebul, suara motor tidak brebet. Dan satu lagi, pastikan oli samping akan menetes atau menyemprot setiap tiga detik sekali. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Exit mobile version