Makanan yang Bisa Menyembuhkan Batuk

Makanan yang Bisa Menyembuhkan Batuk

Makanan yang bisa menyembuhkan batuk ada berbagai macam. Anda dapat dengan mudah menemukannya di rumah. Ini dapat menjadi langkah penanganan awal ketika batuk menyerang.

Batuk merupakan respons alami tubuh untuk membersihkan tenggorokan dari lendir atau iritasi akibat benda asing. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh beberapa makanan yang menghalangi saluran udara Anda.

Namun, beberapa kondisi kesehatan juga bisa menyebabkan seseorang mengalami batuk akut atau kronis. Batuk akut berlangsung kurang dari tiga minggu, sedangkan batuk kronis akan berlangsung selama delapan minggu.

Bagi Anda yang enggan minum obat kimia, berikut daftar makanan yang mudah ditemukan di rumah untuk membantu meredakan batuk Anda.

Makanan yang Bisa Menyembuhkan Batuk

Jahe

Jahe menjadi salah satu makanan yang populer untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jehe mengandung beberapa senyawa anti inflamasi yang dapat mengendurkan membran di saluran udara sehingga dapat mengurangi batuk.

Seduh teh jahe yang menenangkan dengan menambahkan irisan jahe atau jahe parut segar dalam secangkir air panas. Tambahkan madu atau jus lemon untuk meningkatkan rasa dan lebih efektif untuk meredakan batuk. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan jahe cincang halus ke dalam teh herbal untuk meredakan batuk Anda.

Madu

Hampir semua orang mengetahui khasiat madu dalam menyembuhkan batuk. Madu memiliki sifat antibakteri, antivirus, antijamur dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi intensitas dan durasi batuk.

Anda dapat membuat teh dengan madu dan lemon. Seduh dua sendok makan madu dan dua sendok makan jus lemon segar ke dalam secangkir air panas. Lemon akan bertidak sebagai antioksidan dan membantu mengencerkan lendir, sementara madu memiliki efek menenangkan.

Tidak hanya itu, teh ini juga akan memberi tubuh Anda dosis vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Daun Mint

Makanan lain yang dapat menyembuhkan batuk adalah daun mint. Daun mint memiliki kandungan mentol yang dapat membantu mengencerkan lendir atau dahak di tenggorokan.

Manfaat daun mint dalam penyembuhan batuk dapat Anda peroleh dengan cara minum teh daun mint yang bisa Anda beli secara bebas atau menambahkan beberapa daun mint segar ke dalam air hangat, lalu menghirup uapnya. Efek menenangkan dari daun mint dapat bekerja sangat baik untuk batuk.

Nanas

Nanas juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi batuk berdahak. Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan bromelain di dalam buah nanas dapat meredakan batuk dan mengurangi dahak di tenggorokan.

Bromelain merupakan enzim di dalam nanas yang memiliki sifat anti-inflamasi dan mukolitik. Hal ini menjadikan nanas sebagai makanan yang sangat baik untuk membantu meredakan batuk.

Kedua enzim bromelain ini mampu memecahkan lendir yang menjadi penyebab utama batuk dan mampu menghilangkan sepenuhnya.

Sebagai obat batuk berdahak, Anda bisa makan buah nanas secara langsung setelah dibersihkan dan dipotong-potong atau membuatnya menjadi jus.

Bawang Putih

Menurut penelitian bawang putih telah terbukti dapat membantu Anda melawan batuk dan flu jika dikonsumsi secara rutin. Ini dikarenakan bawang putih memiliki komponen yang dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh Anda. Anda dapat makan bawang putih secara langsung saat mentah, atau bisa menambahkannya ke dalam sup atau makanan lainnya.

Kaldu

kaldu adalah makanan yang sangat baik untuk dimakan saat Anda sedang batuk. Kaldu hangat dapat membantu meringankan gejala batuk yang menyerang Anda. Kaldu yang digunakan bisa dari kaldu tulang sapi maupun kaldu pada sup.

kaldu dapat mempercepat pergerakan lendir melalui hidung untuk meredakan hidung tersumbat. Selain itu, Menyeruput sup panas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan melindungi dari bakteri dan virus. Jika Anda tidak makan ayam, maka pilihlah sup sayuran yang dibumbui dengan jahe, bawang putih, kunyit, dan lada hitam.

Kunyit

Kunyit juga merupakan makanan yang dapat membantu meredakan batuk. Ini adalah obat rumah yang manjur untuk sakit tenggorokan dan batuk. Kunyit memiliki sifat antiradang dan antibakteri. Tidak hanya itu, kunyit juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan reaksi antibodi aktif melawan infeksi.

Cara membuat obat herbal untuk meredakan batuk dari kunyit cukup mudah. Anda parut kunyit dan jahe sebesar kelingking. Setelah itu Anda seduh parutan jahe dan kunyit dengan air hangat secukupnya. Anda bisa tambahkan gula batu dan air jeruk nipis. Anda minum dua kali sehari obat herbal tersebut.

Itulah beberapa makanan yang bisa menyembuhkan batuk. Jika batuk tidak kunjung sembuh dalam waktu berhari-hari meski telah melakukan pengobatan dengan bahan alami, sebaiknya segera hubungi dokter dan dapatkan obat-obatan pereda batuk.

Exit mobile version