Cara Servis Karbu Jupiter Z

Cara Servis Karbu Jupiter Z
Cara Servis Karbu Jupiter Z

Bagi Anda pengendara motor Jupiter Z, penting untuk mengetahui cara servis karbu Jupiter Z.

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan nama Karburator, tapi apakah Anda mengetahui bagaimana perawatan karburator yang baik?

Karburator merupakan komponen yang terdapat pada mesin bensin yang berfungsi untuk mencampurkan udara dan bahan bakar sehingga menghasilkan tenaga penggerak. Tanpa karburator, mesin motor tidak akan bisa bekerja. Maka dari itu, perlu adanya perhatian khusus terhadap alat ini.

Kebersihan karburator sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin secara keseluruhan. Jika karburator kotor karena jarang dibersihkan, ini akan menyebabkan suara kasar atau bunyi brebet pada motor Jupiter Z Anda.

Selain itu, pembakaran yang tidak sempurna juga dapat mengakibatkan mesin cepat panas dan knalpot mengeluarkan asap ngebul sehingga menyebabkan terjadinya polusi udara.

Oleh sebab itu, segera bersihkan karburator motor Anda dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Berikut cara servis karbu jupiter z.

Cara Servis Karbu Jupiter Z

  1. Langkah pertama, persiapkan alat-alat yang Anda butuhkan dalam membersihkan karburator diantaranya obeng, tang, lap, kunci-kunci, pompa angin/ kompresor dan wadah untuk menaruh komponen
  2. Selanjutnya, lepaskan karburator motor dari dudukan dengan menggunakan alat atau kunci-kunci yang sudah Anda siapkan. Dalam melepaskannya, Anda harus hati-hati agar lebih mudah untuk membersihkan bagian-bagian dari karburator motor yang kotor.
  3. Kemudian buka mangkok karburator motor dengan melepas semua baut pengaitnya. Lihat endapan yang terbentuk atau mungkin terdapat kontaminasi air di dalam mangkok tersebut. Anda dapat membersihkannya menggunakan kuas lembut dan kemudian bilas dengan bensin, karena membersihkan karburator dengan menggunakan bensin akan lebih bersih.
  4. Langkah keempat, Anda bisa mulai membersihkan filter udara. Untuk melakukannya, lepaskan filter udara terlebih dahulu agar dapat dibersihkan dengan mudah. Dalam membersihkan filter udara, Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus. Setelah pembersihan selesai maka diamkan filter udara beberapa saat sampai cairan pembersih mengering sendiri.
  5. Langkah selanjutnya, lepaskan bagian pilot jet, main jet dan juga needle jet dari karburator motor. Dalam melepas bagian-bagian ini, Anda perlu melakukannya satu per satu dengan hati-hati. Bersihkan tiga bagian tersebut dengan cara meniup bagian lubang. Akan lebih mudah untuk membersihkannya jika anda menggunakan kompresor dibandingkan harus meniup secara manual.
  6. Bersihkan spuyer karburator menggunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran yang menempel.
  7. Jika seluruh bagian pada karburator sudah dibersihkan, langkah terakhir yaitu merakit kembali semua komponen karburator yang telah dilepas sebelumnya.

Itulah beberapa cara servis karbu Jupiter Z. Langkah-langkah diatas cukup mudah untuk diikuti. Jadi kalian tidak perlu pergi ke bengkel hanya untuk membersihkan bagian karburator. Hanya saja jika dibersihkan di bengkel akan lebih bersih karena menggunakan kompresor.

Exit mobile version