Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di Hp Tanpa Aplikasi

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di Hp Tanpa Aplikasi

Cara mengembalikan video yang terhapus permanen di hp tanpa aplikasi mungkin belum diketahui banyak orang. Tidak sengaja menghapus video yang masih diperlukan tentu membuat Anda panik.

Kita semua tahu bahwa video atau foto yang dihapus dari Galeri akan tersimpan di folder penyimpanan sementara dari file-file yang terhapus.

File-file tersebut akan tersimpan dalam jangka waktu tertentu dan Anda masih memiliki kesempatan untuk memulihkan video atau foto yang terhapus.

Jadi, jika item yang Anda hapus masih ada di folder penyimpanan sementara, maka Anda akan dengan mudah mendapatkan kembali video atau foto yang dihapus dari ponsel Android Anda. Berikut ini cara memulihkan video yang terhapus secara permanen di Hp tanpa aplikasi.

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di Hp Tanpa Aplikasi

Melalui Folder Recycle Bin yang Terdapat Pada Galeri

Cara ini bisa Anda lakukan jika Hp Anda terdapat fitur Folder Trash atau Tempat sampah di Galeri HP. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka galeri pada Hp Anda, yaitu galeri yang berisi berbagai file video dan foto yang tersimpan.
  • Kemudian, klikIkon tiga titik vertikal yang berada di pojok kanan atas untuk membuka menu Options atau setelan. Di beberapa Hp, Anda hanya perlu klik MORE di pojok kanan atas lalu pilih Settings.
  • Langkah selanjutnya, pilih opsi Trashatau Tempat Sampah untuk membuka folder Tempat Sampah. Folder ini berisi file video dan foto yang telah terhapus. Video dan foto yang telah dihapus masih tersimpan di folder tempat sampah selama 30 hari dan nantinya akan terhapus secara otomatis. Pada beberapa Hp fitur ini ada yang dinamai Trash Bin, ada juga yang dinamai Recycle Bin. Anda bisa mengikuti nama yang digunkan di Hp Anda.
  • Pada tampilan folder Trashatau Tempat Sampah atau Recycle Bin, silahkan pilih video yang ingin Anda pulihkan atau kembalikan lagi. Anda bisa pilih satu persatu atau semuanya dengan mengklik tulisan All pada bagian atas.
  • Setelah Anda memilih video yang akan dipulihkan, silahkan klik Restoreatau Pulihkan atau Recover atau Renew Now. Tiap Hp memiliki nama menu yang berbeda-beda untuk memulihkan file yang terhapus.
  • Terakhir, buka galeri. Video yang dipulihkan sudah kembali muncul di Galeri Anda.

Menggunakan Bantuan Perangkat Dekstop Seperti Laptop atau Komputer

Jika video di folder tempat sampah telah dihapus karena sudah tersimpan lebih dari 30 hari, maka untuk memulihkannya Anda bisa menggunakan bantuan komputer.

Terdapat perangkat lunak desktop yang digunakan untuk memulihkan data Android. Software EaseUS, juga dapat Anda gunakan untuk memulihkan video yang dihapus dari memori Hp Anda.

Dengan menginstalnya di PC Anda, Anda akan dapat memulihkan foto, video, kontak, dan jenis konten lainnya yang hilang karena berbagai alasan dari Hp atau tablet Android. Berikut ini beberapa langkah cara mengembalikan video yang dihapus dari Hp menggunakan perangkat komputer.

  • Unduh EaseUS dan instal di komputer Anda untuk memulai proses pemulihan.
  • Hubungkan Hp Anda ke komputer dan jalankan EaseUS. Klik tombol “Mulai” untuk melanjutkan. Karena perangkat lunak hanya dapat mengakses perangkat Android yang di-rooting, Anda perlu memastikan bahwa ponsel Anda telah di-root sebelum pemulihan.
  • Setelah masuk ke EaseUS, lakukan pemindaian data untuk menemukan semua data yang ada dan yang hilang.
  • Selanjutnya, transfer data dari Hp ke PC. Kemudian, pilih data yang ingin Anda pulihkan. Terakhir, Anda dapat mengklik tombol “Pulihkan” untuk mengembalikan video yang terhapus.
  • Terakhir, video yang dipulihkan sudah tersimpan di memori ponsel kembali.

Ketidak sengajaan seperti menghapus file foto, video, dokumen atau lainnya tentu sangat mungkin terjadi. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui cara mengembalikan video yang terhapus permanen di hp tanpa aplikasi.

Exit mobile version