Langsam Motor Sering Mati

Langsam Motor Sering Mati

Langsam motor sering mati biasanya disebabkan oleh karburator kotor karena jarang dibersihkan. Kondisi ini dapat menghambat kinerja dari karburator. Selain itu, karburator juga perlu dilakukan penyetelan ulang.

Karburator adalah komponen yang berperan penting mencampurkan udara dan bahan bakar dalam menghasilkan tenaga penggerak. Sementara itu, langsam atau idle adalah kondisi di mana mesin berada pada posisi diam stasioner.

Penyetelan ulang karburator akan membuat proses pembakaran menjadi lebih sempurna dan putaran mesin stabil. Maka dari itu, putaran mesin yang tidak stabil akan mengakibatkan motor sering mati. Berikut penyebab langsam motor sering mati.

Penyebab Langsam Motor Sering Mati

Setelan Sekrup Pilot Jet Tidak Pas

Pilot jet berfungsi mengalirkan bahan bakar dari mesin dalam posisi stasioner menuju rpm menengah. Pilot jet sendiri merupakan spuyer yang diameternya lebih kecil.

Sementara itu, takaran angin dari Pilot jet disetel pada sekrup. Untuk mengatur pilot jet, Anda bisa menggunakan obeng untuk menemukan ukuran yang cocok. Jika setelan sekrup pilot jet tidak pas, ini bisa menjadi penyebab langsam motor mendadak mati.

Setelan Pelampung Bensin Terlalu Rendah

Selain setelan sekrup pilot jet yang tidak pas, setelan pelampung bensin yang terlalu rendah juga akan mengakibatkan kinerja mesin menurun. Hal ini disebabkan oleh suplai bahan bakar menurun atau kurang ideal.

Besi Soak

Aliran setrum pada busi yang susah dikonversi dapat menimbulkan percikan api di ruang bakar. Sehingga, hal ini mengakibatkan pembakaran tidak bisa berjalan dengan optimal dan menjadi penyebab motor sering mati.

Trending :   Nissan Jepang Berencana 'Mengubah Permainan' Baterai Mobil Listrik

Selain itu, jika busi dalam keadaan kotor, terlalu renggang, atau mengalami kerusakan, pembakaran di ruang mesin menjadi tidak sempurna. Oleh sebab itu, pastikan busi motor Anda tetap dalam kondisi bagus dengan cara membersihkannya secara berkala.

Kotoran di Dalam Tangki

Air dan kotoran yang masuk ke dalam tangki juga dapat menjadi penyebab motor sering mati. Ketika air atau kotoran tercampur dengan bensin, ini akan menyebabkan bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran menjadi sedikit. Hal ini membuat pembakaran tidak sempurna sehingga menyebabkan motor mati.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus menguras tangki. Selain itu, Anda juga bisa mengganti filter bensin yang sudah kemasukan air. Jika tidak segera diatasi, hal ini bisa menimbulkan kerak yang dapat menyumbat bahan bakar.

Filter Udara Kotor

Banyaknya debu atau kotoran pada filter udara, juga bisa menjadi penyebab motor mati. Kotoran pada saringan udara jika terus dibiarkan akan membuat celah filter mampet sehingga menyebabkan karburator tidak bisa mengisap udara dengan sempurna.

Untuk mencegah penumpukan debu pada filter udara, Anda harus membersihkannya setiap setahun sekali atau sekitar 12 ribu kilometer. Dengan begitu, pembakaran akan berjalan optimal dan membuat laju motor tetap nyaman tanpa gangguan.

Aliran Bahan Bakar Dari Tangka Tidak Lancar

Aliran bahan bakar dari tangki yang tidak lancar biasanya karena ada penyumbatan, baik itu diakibat oleh udara maupun kotoran. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu melepas selang bahan bakar yang terhubung ke karburator. Biarkan bahan bakar mengalir keluar sampai terlihat lancar dan tidak ada yang tersumbat.

Itulah beberapa penyebab langsam motor sering mati. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU