Obat Tradisional Batuk Berdahak

Obat Tradisional Batuk Berdahak

Obat tradisional batuk berdahak dapat menjadi langkah penanganan awal untuk meredakan batuk saat batuk menyerang.

Batuk merupakan respons alami tubuh untuk membersihkan tenggorokan dari dahak dan iritasi. Namun, batuk yang berkepanjangan dapat disebabkan oleh hal lain, seperti alergi, infeksi virus, atau infeksi bakteri.

Sementara itu, perawatan untuk mengobati batuk berdahak tergantung pada penyebabnya. Batuk berdahak yang disebabkan oleh infeksi bakteri, perlu diobati dengan antibiotik.

Sedangkan batuk berdahak yang disebabkan oleh infeksi virus seperti flu dapat diatasi dengan berbagai obat yang bisa diperoleh dengan mudah di Apotek.

Batuk ini tidak membutuhkan perawatan khusus, karena bisa sembuh saat daya tahan tubuh Anda membaik.

Terdapat beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk meredakan batuk Anda. Bagi Anda yang enggan untuk minum obat kimia, pengobatan rumahan terbaik dan paling sederhana ini cocok untuk Anda. Berikut ini daftar bahan alami dan tradisional yang bisa membantu Anda meredakan batuk berdahak.

Obat Tradisional Batuk Berdahak

Madu

Selain untuk meringankan pilek dan membantu meredakan sakit tenggorokan, madu juga berkhasiat untuk meredakan batuk.

Anda dapat mengurangi dahak dan batuk dengan minum madu sebelum tidur. Sebuah penelitian menemukan bahwa madu sangat efektif untuk meredakan batuk malam hari dan meningkatkan kualitas tidur.

Namun, jangan memberikan madu kepada anak di bawah usia 1 tahun. Ini karena risiko botulisme pada bayi, suatu bentuk keracunan makanan yang parah.

Untuk meredakan batuk, madu bisa diminum langsung. Selain itu, Anda dapat membuat teh dengan madu dan lemon. Seduh dua sendok makan madu dan dua sendok makan jus lemon ke dalam secangkir air panas. Jika memungkinkan, cobalah menggunakan madu organik mentah.

Trending :   Cara Mengatasi Masalah Rambut Kering Dan Kusam Dengan Mudah

Jahe

Jahe dapat mengurangi intensitas batuk, terutama batuk kering. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan anti inflamasi dan antioksidan yang kuat pada jahe dapat membantu menenangkan tenggorokan dan saluran udara yang teriritasi akibat batuk.

Untuk meredakan batuk, seduh teh jahe dengan menambahkan irisan jahe atau jahe parut segar dalam secangkir air panas. Tambahkan madu atau jus lemon untuk meningkatkan rasa dan lebih efektif untuk meredakan batuk.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan jahe cincang halus ke dalam teh herbal untuk meredakan batuk Anda.

Tapi, perlu diperhatikan bahwa jahe terkadang tidak cocok untuk orang yang perutnya bermasalah atau mengalami sensasi terbakar di perut atas (heartburn).

Nanas

Nanas juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi batuk berdahak. Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan bromelain di dalam buah nanas bermanfaat mengatasi peradangan dan mengurangi dahak di tenggorokan.

Bromelain merupakan enzim di dalam nanas yang memiliki sifat anti-inflamasi dan mukolitik. Kedua enzim bromelain ini mampu memecahkan lendir yang menjadi penyebab utama batuk dan mampu menghilangkan sepenuhnya.

Hal ini menjadikan nanas sebagai makanan yang sangat baik untuk membantu meredakan batuk.

Sebagai obat batuk berdahak, Anda bisa memakannya secara langsung atau membuatnya menjadi jus. Namun, penting untuk diperhatikan, jus nanas tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi orang yang sedang menggunakan pengencer darah atau antibiotik seperti amoksisilin.

Berkumur dengan air garam

Cara paling sederhana untuk mengobati batuk berdahak yaitu berkumur dengan air garam. Cara ini cukup efektif dalam meredakan sakit tenggorokan dan batuk berdahak yang menyerang Anda.

Larutan air garam dapat mengurangi dahak dan produksi lendir di bagian belakang tenggorokan. Caranya yaitu dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dan secangkir air hangat.

Trending :   Berapa Lama Batuk Rejan Sembuh?

Tunggu larutan garam agak dingin sebelum digunakan untuk berkumur. Kumur beberapa kali sehari. Saat berkumur, biarkan campuran beberapa saat di mulut sebelum dibuang.

Perlu diperhatikan bahwa larutan ini tidak untuk ditelan, karena menelan air garam dapat membahayakan.

Air Jeruk Nipis

Penderita batuk berdahak perlu mengonsumsi banyak cairan, terutama yang mengandung vitamin C tinggi. Kandungan Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Perlu diketahui, paru-paru perlu asupan cairan yang cukup untuk mencegah terbentuknya lendir. Minum perasan jeruk nipis segar tidak hanya menghidrasi tubuh, tapi juga bisa menambah asupan vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Itulah beberapa obat tradisional batuk berdahak. Jika batuk tidak kunjung sembuh dalam waktu berhari-hari meski telah melakukan pengobatan dengan bahan alami, sebaiknya segera hubungi dokter dan dapatkan obat-obatan pereda batuk.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU