Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh sangat banyak. Jahe merah yang juga disebut jahe sunti ini merupakan salah satu rempah di Indonesia yang sering digunakan masyarakat sebagai obat herbal.

Selain warnanya yang berbeda dengan jahe biasa, jahe merah memiliki aroma yang lebih tajam dan rasa yang lebih pedas.

Disamping itu, senyawa yang terkandung dalam jahe merah berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Rutin mengonsumsi jahe merah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan magnesium pada jahe merah, membuat tumbuhan rimpang ini cocok digunakan untuk memperkuat imunitas tubuh.

Tidak hanya itu, jahe merah juga memiliki kandungan senyawa fenol termasuk gingerol dan shogaol yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan untuk tubuh.

Jahe merah akan melawan virus yang ada di dalam tubuh kita. Selain itu, jahe merah akan melawan bakteri jahat yang akan menyerang sistem imun tubuh. Sehingga imun akan terjaga.

Meredakan Sakit Tenggorokan dan Gejala Batuk

Salah satu penyakit yang ampuh disembuhkan dengan jahe merah adalah radang tenggorokan. Kandungan flavonoid pada jahe merah memiliki sifat anti peradangan. Selain itu, jahe merah juga akan meredakan gejala batuk.

Menurunkan Berat Badan

Memiliki masalah dengan berat badan, jahe merah bisa menjadi solusi Anda. Jahe merah dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung capsaicin.

Kandungan capsaicin pada jahe merah dapat meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan nafsu makan. Hal ini dapat menyebabkan penurunan asupan kalori dan menurunkan berat badan.

Mengatasi Rematik

Tidak hanya untuk meredakan batuk dan radang tenggorokan, jahe merah juga mampu mengatasi rematik. Kandungan flavonoid yang terdapat di jahe merah dapat mengatasi rematik.

Rasa nyeri yang dirasakan penderita rematik biasanya disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada sendi-sendi. Jika dibiarkan berlama-lama, itu tentu akan membahayakan.

Penderita rematik akan merasakan rasa nyeri sendi, kaku hingga bengkak. Maka dari itu, rematik harus segera diatasi. Mengonsumsi jahe merah secara rutin dipercaya mampu meredakan peradangan.

Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan penyakit. Maka dari itu, penting untuk mengontrol kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh agar terhindar dari penyakit.

Jahe merah dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Oleh sebab itu, penderita kolesterol disarankan untuk rutin mengonsumsi jahe merah.

Hal ini dikarenakan jahe merah memiliki efek yang menghancurkan lemak jahat di dalam tubuh sehingga penyakit kolesterol tinggi dapat dicegah.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Jahe merah mengandung asam alfa-linolenat yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Senyawa tersebut bekerja dengan membantu menjaga irama dan pemompaan jantung yang normal. Tidak hanya itu, Asam alfa-linolenat juga berpotensi untuk mengurangi pembekuan darah.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Jahe merah dapat digunakan sebagai obat untuk melancarkan pencernaan. Ekstrak minyak jahe berperan penting untuk melindungi sistem pencernaan dari bakteri, sehingga jahe merah mampu mengatasi masalah pencernaan.

Senyawa yang terkandung di dalam jahe merah ini juga bisa melawan bakteri jahat, seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus.

Mengurangi Risiko Radang Usus

Jahe merah juga dapat mengurangi risiko terkena radang usus. Dengan mengonsumsi jahe mera, risiko radang usus akan berkurang. Hal ini karena ada kandungan baik di dalam jahe merah bagi usus.

Kandungan tersebut adalah zat zingeron. Zat zingeron yang aktif dapat menghambat enzim yang membuat peradangan muncul. Sehingga peradangan di saluran pencernaan akan hilang. Jadi, mengonsumsi jahe merah setiap hari akan membuat usus kamu terjaga dan lebih sehat.

Itulah beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Exit mobile version