Usaha Sampingan yang Menjanjikan di Desa

Usaha Sampingan yang Menjanjikan di Desa

Usaha sampingan yang menjanjikan di Desa berpeluang menghasilkan uang tambahan dari pekerjaan sambilan.

Sementara itu, banyak yang beranggapan bahwa mencari peluang usaha rumahan di desa itu sulit karena kondisi yang serba terbatas.

Anggapan ini tentu tidak benar, karena baik di desa maupun di kota, keduanya memiliki peluang dan tantangan yang berbeda.

Justru, banyak peluang usaha di desa yang memiliki potensi besar karena belum banyak pesaing dan kompetitornya.

Sebelum memulai sebuah usaha, sangat penting untuk terlebih dahulu memahami dan mengetahui kebutuhan masyarakat sekitar. Atau, Anda juga bisa mencari peluang usaha yang susuai dengan keterampilan atau bidang yang Anda tekuni.

Dengan memiliki usaha sampingan yang dapat menambah penghasilan, maka dapat membantu Anda mencapai kesuksesan lebih cepat.

Untuk membantu Anda menemukan bidang usaha, Berikut ini beberapa ide usaha sampingan yang menjanjikan di Desa yang dapat Anda lakukan untuk menambah penghasilan.

Usaha Sampingan yang Menjanjikan di Desa

Membuka warung kelontong

Tidak hanya di perkotaann, potensi usaha warung kelontong di desa juga cukup besar. Kebanyakan, barang yang dijual di warung kelontong adalah kebutuhan sehari-hari dan sembako.

Kunci sukses menjalankan usaha warung kelontong yaitu lokasi yang strategis, stok barang yang lengkap, dan harga yang bersaing.

Oleh sebab itu, Anda harus pintar menemukan supplier yang memiliki stok lengkap dan harga yang lebih murah.

Presentasi keuntungan usaha ini memang kecil, namun jika transaksi yang terjadi dalam seharinya cukup besar, maka keuntungan yang bisa Anda peroleh juga lumayan besar.

Sedikit tips, agar pelanggan warung kelontongmu tetap setia, Anda harus menjadi penjual yang ramah. Jangan lupa juga untuk memberikan bingkisan saat hari besar sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan. Contohnya seperti biskuit kalengan ataupun sebotol sirup.

Jasa Rias Pengantin

Belum banyak yang menekuni jasa rias pengantin di Desa sehingga calon mempelai kerap kesulitan mendapatkannya.

Selain itu, kebanyakan orang di pedesaan menyelenggarakan acara pernikahan di akhir pekan, sehingga seringkali jasa rias pengantin yang baik sudah terlebih dahulu di pesan oleh orang lain.

Ini bisa menjadi peluang usaha untuk Anda yang memiliki keterampilan dalam merias wajah.

Namun jika Anda belum cukup ahli dalam bidang ini, Anda dapat terlebih dahulu mengikuti kursus, sehingga dapat menjadikan keahlian ini sebagai usaha sampingan yang pastinya juga menguntungkan.

Beternak Ayam

Ternak ayam juga bisa kamu jadikan usaha sampingan dari desa. Pasalnya, daerah perdesaan masih banyak mempunyai lahan kosong yang cukup luas.

Ternak ayam selalu menguntungkan karena masyarakat Indonesia masih menjadikan ayam sebagai makanan pokok sehari-hari.

Disamping itu, kebutuhan masyarakat akan daging ayam utuh, potong, hingga telur ayam selalu tinggi dan tidak mengenal musim.

Untuk memulai usaha ini, Anda bisa belajar tips peternakan dari buku maupun sumber online tepercaya lainnya. Selain lahan, Anda perlu menyiapkan bibit ayam dan pangan berkualitas untuk menjaga kualitas hasil peternakan milik Anda. Selamat mencoba!

Budidaya Lele

Sama seperti ayam, ternak lele juga bisa mendatangkan banyak keuntungan. Lele juga termasuk lauk yang populer di warung-warung dan tidak pernah sepi peminat.

Selain itu, peternakan lele juga cukup mudah karena tidak membutuhkan perawatan tinggi. Untuk tempatnya, Anda bisa membuka lahan berbentuk kolam besar untuk menampung ikan lele tersebut.

Jika masih belum memungkinkan untuk membuat kolam sendiri, Anda dapat memanfaatkan berbagai kolam sewaan. Menyewa kolam dapat Anda pilih jika Anda sedang dalam tahap uji coba untuk berternak lele.

Selain itu, harga satu ekor bibit ikan lele juga cukup murah, mulai dari Rp100 hingga Rp300, bergantung ukuran bibit ikan lele.

Jadi, modal yang Anda keluarkan tidak akan terlalu besar untuk memulai usaha ini. Sisanya Anda dapat mengekspansi kolam atau pengadaan pangan.

Selain itu, ikan lele juga relatif cepat untuk dipanen sehingga Anda bisa merasakan untung dalam waktu yang cukup singkat.

Bengkel Kendaraan Motor

Jika Anda memiliki modal yang cukup besar, usaha sampingan di desa yang bisa Anda pilih yaitu bengkel kendaraan bermotor, baik bengkel motor maupun mobil.

Mengingat pertumbuhan kendaraan bermotor di Indonesia cukup pesat, kebutuhan untuk sarana ini tentu juga besar.

Memang dibutuhkan modal yang cukup besar untuk sewa tempat dan peralatan pendukungnya, namun untung yang akan didapatkan juga besar. Apalagi jika layanan bengkel yang Anda tawarkan cukup berkualitas. Dijamin bakal banyak pelanggan tetap di bengkel Anda.

Budidaya Jamur tiram

Jenis peluang usaha sampingan di desa selanjutnya yaitu budidaya jamur tiram. Jika Anda tertarik dengan usaha ini, Anda harus memiliki ruangan yang tidak terjamah oleh cahaya matahari untuk mendukung proses budidaya jamur.

Setelah itu, siapkan bibit jamur unggulan dan media untuk pertumbuhan jamur, seperti serbuk kayu, kapur, dan dedak. Barulah setelah itu Anda dapat menyiapkan perlengkapan pendukung, seperti drum bekas dan plastik untuk menanak baglog atau log.

Untuk merebus log, kamu bisa menggunakan kayu dan ranting yang jatuh dari pohon. Proses pembudidayaan jamur memang terbilang mudah dan murah. Selain itu, waktu panennya pun juga cukup cepat.

Pertanian sayuran organik

Jika Anda memiliki rumah di desa dengan lahan yang luas, tentu Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha dengan menanam sayuran organik. Peluang usaha sampingan di desa yang satu ini lebih menyasar untuk konsumen masyarakat perkotaan.

Sekilas, proses penanaman sayur organik memang tidak jauh berbeda, hanya saja pupuk dan pestisida yang digunakan tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Jika Anda belum memiliki keahlian dalam bidang bertani, Anda bisa bekerja sama dengan petani sekitar.

Beberapa jenis sayuran organik yang cukup populer antara lain, bayam merah, bayam hijau, caisim, bawang daun, kangkung, kalian, kol, pakcoy, petsai, sawi putih, selada, dan jenis sayuran lainnya.

Setelah proses panen tiba, Anda dapat mengirim hasil panen ke pemasok atau konsumen langsung di perkotaan. Di daerah perkotaan, permintaan akan sayuran organik memang tinggi. Masyarakat kota memilih sayuran jenis ini karena dianggap lebih sehat.

Jasa Tour Guide dan Lahan Parkir

Usaha sampingan di desa lainnya yaitu jasa tour guide serta lahan parkir. Jika desa yang Anda tinggali punya potensi untuk jadi tempat wisata, manfaatkan peluang ini.

Kini semakin banyak orang kota yang mengunjungi daerah perdesaan untuk melepaskan diri dan penat dari keramaian kota.

Karena Anda adalah orang yang paling mengerti daerah tersebut, pengetahuanmu itu bisa Anda manfaatkan dengan menyediakan jasa tour guide.

Dengan mendampingi para wisatawan untuk menikmati pemandangan dan objek wisata lainnya, Anda bisa mengumpulkan uang penghasilan tambahan.

Tidak hanya jadi guide, jika memiliki lahan kosong, Anda bisa membuka lahan parkir berbayar yang cukup menguntungkan. Namun, sediakan infrastruktur yang memadai sehingga para wisatawan betah dan tidak ragu untuk parkir di tempat yang Anda sediakan.

Menjadi Reseller Suatu Produk

Desa juga telah menjadi target pemasaran berbagai brand nasional maupun internasional. Diantaranya bergerak di berbagai sektor seperti perlengkapan rumah tangga, produk kesehatan, produk kecantikan, dan berbagai sektor lainnya. Oleh karena itu, reseller dapat menjadi peluang usaha yg menjanjikan di desa.

Bahkan menjadi reseller dari berbagai brand tersebut dapat menjadi usaha paling laris di Desa jika disesuaikan dengan tren pasar yang ada.

Jika anda sudah melakukan riset produk mana yang paling potensial di jual di desa, maka selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana agar masyarakat tahu jika anda adalah reseller resmi sebuah brand.

Maka ada baiknya Anda menyiapkan etalase sederhana untuk produk yang anda jual jika mempunyai modal lebih.

Selain itu, sebagai bisnis yang cocok untuk di Desa, jika memungkinkan, anda perlu menyesuaikan waktu pembayarannya sesuai dengan keadaan masyarakat, seperti pembayaran dapat dilakukan ketika telah masuk masa panen.

Itulah beberapa rekomendasi peluang usaha sampingan yang menjanjikan di Desa yang dapat Anda coba untuk menambah penghasilan Anda.

Exit mobile version