Daftar Mobil Baru yang Diperkenalkan di IIMS 2023

IIMS 2023

Sebagai salah satu acara otomotif terbesar di Indonesia, Indonesia International Motor Show (IIMS) selalu menjadi ajang yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pecinta otomotif di Indonesia. Setiap tahun, banyak produsen mobil memamerkan produk terbaru mereka di acara ini, termasuk mobil-mobil populer yang menjadi sorotan pengunjung. IIMS 2023 diselenggarakan selama 11 hari,yaitu pada 16-26 Februari di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara.

Sejumlah mobil baru telah diperkenalkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang dapat dilihat langsung oleh peminat dengan mengunjungi booth masing-masing merek di pameran ini.

Berikut adalah daftar mobil baru yang diperkenalkan di IIMS 2023:

Suzuki Grand Vitara

Grand Vitara generasi terbaru memulai debutnya di IIMS 2023. Mobil ini didatangkan dari India dan hadir dalam dua tipe yakni GX-AT dan GL-AT.

Mobil tersebut dibekali mesin K15C dual-jet 4 silinder 1.462 cc dan dilengkapi teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Sistem hybrid yang mengandalkan dua komponen utama untuk menyertai mesin pembakaran internal, yakni ISG (Integrated Starter Generator) dan baterai lithium-ion.

Mesin dengan transmisi otomatis 6 percepatan tersebut menghasilkan tenaga 103 Ps pada rpm 6.000 dan torsi 136,8 Nm pada rpm 4.400.

Suzuki S Presso

Bersamaan dengan Grand Vitara terbaru, Suzuki juga meluncurkan pembaruan dari S-Presso. Mobil mungil yang juga berasal dari India ini telah disegarkan dengan teknologi ESP (Electronic Stability Program) dan Hill Hold Control. Kemudian pengaturan spion juga mendapat sentuhan baru dengan electric mirror.

S-Presso kini hadir dengan ISOFIX dan head unit layar sentuh 7 inci yang dapat dikontrol melalui audio steering switch, serta terdapat konektivitas smartphone untuk memudahkan pengemudi berkomunikasi tanpa menyentuh ponsel.

Dari area dapur pacu, mesin baru K10C berkapasitas 1.000 ccm kini digunakan di S-Presso yang menghasilkan tenaga 49 KW/5.500 rpm dan torsi 89 Nm/3.500 rpm.

Tenaga itu disalurkan melalui dua pilihan transmisi, yakni manual 5-speed manual transmission (MT) dan 5-speed AGS (Auto Gear Shift). Mobil ini juga dilengkapi dengan mesin start-stop otomatis.

Trending :   8 Vitamin dan Suplemen Terbaik Untuk Kulit Kering

S-Presso baru akan dijual dengan harga Rp 168,3 juta untuk varian MT dan Rp 178,3 juta untuk versi AGS.

Esemka Bima EV

Brand lokal Esemka meluncurkan mobil listrik bernama Bima EV yang memiliki dua varian, yakni blind van yang dijual Rp dengan harga 540 juta dan passenger Van dengan harga 540 juta.

Mobil listrik pertama Esemka dilengkapi dengan motor penggerak TM4018 tipe permanent magnet synchronous motor. Baterai yang digunakan adalah Termary Ion – Lithium 350,4 volt, memiliki kapasitas 49,1 kWh, berdaya 40 kW dengan waktu pengisian 1 jam (pengisian cepat) dan 8 jam (pengisian lambat).

Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan mobil ini adalah 75 kW dan torsi 165 Nm untuk menggerakkan roda belakang. Kecepatan maksimum mobil ini dibatasi hingga 100 km/jam, dengan jarak tempuhnya higga 300 km.

Subaru WRX

Subaru meluncurkan ikon mobil reli di Indonesia dengan produk WRX yang tersedia dalam dua versi yakni sedan dan wagon. Sedan ini dibekali mesin boxer 2.4 liter turbocharged yang menghasilkan tenaga 275 hp dan torsi 350 Nm.

Ada dua jenis transmisi WRX, yakni manual 6 percepatan dan otomatis Subaru Performance Transmission (SPT) 8 percepatan dengan konfigurasi sistem penggerak semua roda.

Subaru memasarkan WRX mulai dari Rp. 849,5 juta hingga Rp. 949,5 juta dan WRX Wagon mulai dari Rp. 975,5 juta hingga Rp. 1.029,5 miliar.

Hyundai Creta Dynamic Black Edition

Hyundai Creta Dynamic Black Edition diresmikan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Varian baru Creta yang akan dijual Rp350 juta ini hadir dengan tampilan serba hitam.

Varian ini memiliki sejumlah aksesoris baru di bagian depan melalui Black Front Grille yang dilengkapi lampu Parametric Jewel Hidden-Type DRL dan juga menggunakan trim front grille berwarna hitam. Kemudian terdapat emblem dengan Dark Monochrome Front. Lalu sisi bawah, terdapat Black Front Bumper dan Black Front Body Kit.

Untuk memastikan pencahayaan yang optimal selama berkendara, mobil ini dilengkapi dengan lampu depan LED Multi Focus Reflector (MFR) di depan dan lampu kombinasi belakang LED di belakang.

Trending :   2023 Lexus RZ: Apa Yang Diharapkan Dari Mobil Listrik Mewah Berikutnya?

Pada bagian samping, Creta menggunakan tampilan serba hitam dengan trim C-pillar berwarna hitam dan roof rail berwarna hitam yang terletak di atap mobil.

Wuling Alvez

Mobil baru paling fenomenal di IIMS 2023 adalah Wuling Alvez yang sangat terjangkau yaitu dibanderol dengan harga mulai Rp 209 juta. Meski demikian, SUV berkapasitas 1.500 cc ini bersaing dengan Honda HR-V dan Hyundai Creta di segmennya.

Dari segi fitur, varian Alvez EX atau yang tertinggi sudah memiliki Internet of Vehicle (IoV), Advanced Driver Assistance System (ADAS) hingga Wuling Indonesian Command (WIND) seperti Wuling Almaz RS. Lalu ada sunroof juga, meski ukurannya tidak terlalu besar.

Eksteriornya juga memukau dengan tampilan pilihan warna two tone. Ada juga interior yang lapang dengan jok belakang yang bisa disesuaikan dan bisa dilipat rata ke lantai. Wuling Alvez hadir dalam tiga varian:

Wuling Alvez SE: Rp 209 juta
Wuling Alvez SE: Rp 255 juta
Wuling Alvez EX: Rp 295 juta

Chery Omoda 5

Mobil baru selanjutnya di IIMS 2023 adalah Chery Omoda 5. Omoda 5 memiliki bodi dengan panjang 4.400 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.588 mm. Sedangkan untuk dapur pacunya menggunakan mesin 1.500cc turbo yang menghasilkan tenaga 145hp dan torsi 230Nm.

Mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yaitu ADAS, panoramic sunroof, hingga layar di dashboard berukuran 20,5 inci. Khusus pasar Indonesia, Chery Omoda 5 dibanderol dengan harga Rp. 328 juta untuk varian R dan Rp. 398 juta untuk varian RZ.

Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid

Toyota tak mau melewatkan kesempatan menghadirkan mobil baru di IIMS 2023 dengan Corolla Cross GR Sport Hybrid. Ini merupakan mobil hybrid pertama yang menggunakan embel-embel GR Sport.

Selain ubahan eksterior dan interior yang membuatnya semakin terlihat sporty, Toyota Corolla Cross GR Sport juga mendapatkan kaki-kaki dan setir dengan compound khusus. Alhasil, pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman.

Ada juga fungsi Toyota Safety Sense (TSS) di mobil ini. Dengan perubahan yang cukup drastis tersebut, harga Corolla Cross GR Sport Hybrid 2023 menjadi Rp. 600,3 juta (OTR Jakarta).

 

TRENDING

ARTIKEL TERBARU