Review Lenovo Yoga 9I : Ramah dan Menyenangkan

Review Lenovo Yoga 9I
Laptop favorit lama ini semakin baik dan sulit untuk dibeli.

Laptop terbaru Lenovo dari Seri Yoga, Lenovo Yoga 9i segera hadir di Indonesia yang sebelumnya diperkenalkan untuk pertama kali di AS pada Mei 2022.

Perangkat ini sudah ditenagai dengan prosesor Intel Core i7-1260P Generasi ke-12 (Alder Lake).

Memiliki body ramping yang dirancang dengan rangka logam 2-in-1 kelas aero-space. Yoga 9i dapat mempermudah Anda dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan cepat.

Jika Anda sedang berada di rumah, siapkan dalam mode laptop. Atau rubah menjadi mode tablet jika Anda membutuhkannya untuk dibawa kemana pun.

Dalam seri Yoga 9i, Lenovo memberikan banyak peningkatan besar dari seri tahun lalu, diantaranya Layar OLED, Keyboard edge-to-edge, touchpad yang lebih besar, dan sudut dan tepi membulat yang membuat penggunaan lebih nyaman dan desain yang lebih ramah.

Bagian utama yang menjadi daya tarik lapto ini adalah layar OLED 14 inci dengan resolusi 2880 x 1800 (non-OLED 1920 x 1200 juga tersedia, seperti 4K OLED) dan dukungan stylus (tapi tidak ada garasi penyimpanan built-in, mengecewakan).

Panelnya mengkilap dan memantulkan sedikit silau pada pengaturan terang, tapi saya bukan penggemar teksturnya. Ini mengambil konsentrasi noda yang sangat tinggi yang sulit dihilangkan dalam seminggu atau lebih penggunaan dan luncurannya tidak terlalu mulus saat digunakan sebagai layar sentuh.

Namun, itu menghasilkan gambar yang bagus, dengan kontras yang sangat baik dan warna yang mencolok.

Peningkatan lain dari model sebelumnya adalah keyboard, yang kini menjadi edge-to-edge dengan deretan tombol fungsi (mirip dengan apa yang telah dilakukan HP pada berbagai model selama beberapa waktu).

Anda dapat menggunakannya untuk mengubah profil daya dan profil audio, mengaburkan latar belakang dalam panggilan video, dan beralih mode gelap.

Hal lain yang perlu diketahui tentang keyboard adalah panah atas dan bawah berukuran setengah, sedangkan kiri dan kanan berukuran penuh. Itu tidak terlalu mempengaruhi saya, tetapi saya tahu itu akan membuat beberapa dari Anda tidak bahagia.

Saya sangat menyukai keyboard dalam hal mengetik. Secara khusus, sangat tenang. Ini menjadi lebih penting bagi saya karena saya sering membawa laptop keluar dan tulisan Anda seharusnya tidak mengganggu orang-orang di sekitar Anda.

Lenovo juga telah meningkatkan ukuran touchpad menjadi 3,15 x 5,31 inci. Saya tidak memiliki masalah khusus dengan ukuran touchpad lama, tetapi yang pasti, saya akan menggunakan touchpad yang lebih besar (dan tidak ada masalah dengan penolakan telapak tangan).

Hal utama ketiga yang baru adalah penampilan. Lenovo Yoga 9i baru sangat bulat. Sudutnya bulat dan ujungnya membulat. Semuanya bulat. Ini bukan sesuatu yang benar-benar saya perhatikan di foto ketika perangkat ini diumumkan, tetapi itu membuat perbedaan besar dari dekat.

Trending :   Rekomedasi Laptop Gaming di Tahun 2022

Saya tidak menyadari betapa halus tepi laptop bisa masuk jauh ke dalam pergelangan tangan Anda sampai saya menggunakan Yoga 9i. Yang ini jauh lebih menyenangkan untuk dipegang dan digunakan daripada lautan laptop bermata tajam di luar sana (terutama barang-barang dengan tepi yang sangat tajam seperti garis Spectre), dan sekarang saya tidak ingin kembali.

Ini sebenarnya tampak seperti pilihan desain yang mudah, dan saya sangat berharap lebih banyak pembuat laptop mengikuti di sini.

Tampilan paling ramah tidak mengubah kualitas desain. Semuanya aluminium, yang sangat kuat. Tidak ada tekukan layar atau keyboard. Engselnya kokoh dan mudah dibuka dan ditutup, tanpa getaran layar yang saya perhatikan.

Hasil akhirnya bagus, dan tidak ada penyok, sidik jari, dan penyok setelah sekitar satu minggu pengujian yang mencakup beberapa perjalanan penerbangan dan kereta api. Berat perangkat yang masuk akal (meskipun jauh dari kelas) 3,09 pon menjadikannya teman perjalanan yang nyaman juga.

Pengalaman panggilan konferensi mendapat beberapa penyesuaian. Webcam telah ditingkatkan ke 1080p, yang jauh lebih baik daripada kamera di 9i tahun lalu, memberikan gambar yang jelas dan tajam.

Ini memiliki rana fisik dan mendukung pengenalan wajah Windows Hello. Lenovo Smart Assist (diaktifkan dan dinonaktifkan di Vantage Control Center) juga dapat digunakan untuk mematikan perangkat secara otomatis saat bergerak menjauh.

Bilah suara engsel yang berputar, produk utama dari lini Yoga 9i, kini juga menampung speaker Bowers & Wilkins. Itu terus menghasilkan beberapa suara terbaik di ruang laptop Windows. Volumenya sangat keras sehingga saya tidak dapat mendengarkan lebih dari 80 persen tanpa merasa berdebar-debar.

Selain nitpicks yang disebutkan di atas, masalah utama yang menonjol adalah bahwa pemilihan port – yang tidak terlalu unik di ruang ini – terbatas. Anda mendapatkan dua port Thunderbolt 3, port USB-C, port USB-A, jack headphone, dan hanya itu. Saya senang melihat USB-A, yang telah dibuang oleh banyak pesaing, tetapi mereka yang mencari slot HDMI atau SD akan tinggal di negeri dongle.

Ada juga sesuatu yang terjadi dengan mikrofon internal karena mereka terputus dari panggilan Zoom saya beberapa kali saat baterai perangkat hampir habis. Lenovo tidak dapat mereplikasi masalah ini, jadi Anda mungkin menerima unit yang rusak.

Konfigurasi 9i yang saya miliki (termasuk Intel Core i7-1260P, RAM 16GB, penyimpanan 512GB, dan layar OLED 2880 x 1800) adalah model pembelian teratas yang menurut Lenovo akan menjadi $1.729,99 atau sekitar Rp25 juta.

Itu belum dijual di sana. Faktanya, pada tulisan ini, saya belum dapat menemukan model Yoga 9i Generasi ke-12 di mana pun, dan melihat sekilas ulasan lain memperjelas bahwa pengalaman saya tidak biasa. (Saya menautkan model generasi ke-11, yang masih dapat Anda beli jika itu terdengar seperti milik Anda.)

Trending :   Tips Memilih Laptop Sesuai Dengan Kebutuhan

Telah menjadi masalah untuk menemukan versi terbaru dari laptop Lenovo. (Lenovo mengatakan Best Buy memiliki model dalam stok dan mereka akan segera kembali, tetapi perusahaan memberi tahu saya bahwa Slim 7 akan segera kembali ke rak ketika saya memeriksanya, dan setelah sebulan, saya masih tidak dapat menemukannya).

Saya tahu ada banyak hal yang mengganggu rantai pasokan di dunia saat ini, tetapi saya secara teratur tidak kesulitan menemukan daftar pengecer yang tersedia untuk sebagian besar laptop lain yang tampaknya sudah dirilis. Terlepas dari kualitas laptop ini, saya merasa agak tertahan betapa bersemangatnya saya untuk merekomendasikannya sehingga saya tahu Anda benar-benar dapat membelinya.

Terlepas dari itu, kinerja di sini sebagus yang Anda harapkan dari Core i7 Generasi ke-12 28W. 9i jelas lebih cepat dari 9i tahun lalu. Itu dapat menangani panggilan Zoom melalui tumpukan tab dan aplikasi dalam profil daya Penghemat Baterai dengan sedikit atau tanpa panas dan kebisingan kipas yang sangat sesekali.

Mengedit banyak foto bukanlah masalah sama sekali, meskipun kurangnya slot SD kemungkinan membuat 9i menjadi pilihan yang kurang optimal untuk editor.

Dalam hal masa pakai baterai, 9i rata-rata tujuh jam dan 38 menit penggunaan kerja terus menerus, yang mencakup banyak tab Chrome dengan beberapa panggilan Zoom dan streaming Spotify di sana-sini. Ini adalah tentang apa yang dapat Anda harapkan dari perangkat seluler ultra-cepat dari generasi Intel ini.

Anda mungkin dapat menghabiskan hari kerja dengan beban kerja yang lebih ringan – pada hari saya kebanyakan menggunakan Google Documents dan tidak melakukan panggilan Zoom, saya hampir mencapai sembilan jam.

Satu gangguan: Seperti banyak laptop Yoga lainnya, hal ini dilengkapi dengan banyak bloatware. Beberapa program antivirus McAfee sudah diinstal sebelumnya, dan saya selalu mendapatkan popup.

Menghapus instalasi memakan waktu cukup lama dan mengharuskan saya untuk menutup semua tab saya dan akhirnya memulai ulang sistem. Ini terdengar seperti sedikit berlebihan untuk perangkat yang mendekati Rp30 juta.

Lenovo telah memperbaiki hampir semua masalah yang saya alami dengan Yoga 9i tahun lalu, dan saya sangat senang dengan hasilnya. Namun, perangkat tersebut saat ini jauh lebih sulit didapat dibandingkan tahun lalu. Ini adalah laptop bagus yang terus menjadi lebih baik, dan saya harap tidak sulit untuk membelinya sekarang.

Itulah review Lenovo Yoga 9I, ramah dan menyenangkan bukan? Apakah Anda berharap laptop ini hadir di Indonesia dalam waktu dekat? Semoga saja.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU