7 Tempat Diving Keren di Indonesia

7 Tempat diving terbaik di Indonesia

Indonesia memiliki berbagai tempat diving untuk menikmati keindahan bawah laut. Karena wilayahnya berada dalam area segitiga karang (coral triangle) dunia, menjadikan Indonesia memiliki wisata bawah laut yang menakjubkan.

Beberapa makhluk paling menakjubkan di dunia hidup di perairan jernih yang mengelilingi 17.000 pulau di Indonesia. Disini terdapat beragam kehidupan laut yang menakjubkan, mulai dari hiu martil dan penyu hijau hingga kuda laut kerdil dan lendir.

Baik Anda menyelam melewati kumpulan ikan tropis yang jarang terlihat atau berenang bersama hiu paus, Indonesia memiliki sesuatu yang cocok untuk setiap penyelam. Dengan begitu banyak tempat untuk dipilih, situs web Big 7 Trevel mengumpulkan tujuh tempat diving terbaik di Indonesia.

7 Tempat diving terbaik di Indonesia

1. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Taman Nasional Bunaken adalah salah satu taman laut pertama di Indonesia. Terkenal dengan terumbu karang dan dindingnya yang besar, perairan jernih yang hangat, dan terumbu karang yang dangkal, tempat ini juga merupakan rumah bagi lebih dari 400 spesies karang.

Ada berbagai makhluk laut yang menakjubkan, seperti penyu sisik, paus pilot, triggerfish dan ikan pari, serta makhluk kotoran seperti kuda laut dan ular. Ini juga merupakan rumah bagi kawanan lumba-lumba, jadi perhatikan mereka saat Anda bepergian dari pulau utama.

Perairan yang dalam memberikan visibilitas yang sangat baik sepanjang tahun, terkadang melebihi 30 meter menjadikannya tempat yang bagus untuk snorkeling.

Trending :   Tempat Wisata Di Bandung Yang Instagramable Dan Tidak Mahal

2. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan merupakan rangkaian pulau, terumbu karang, dan atol yang menawarkan berbagai habitat, seperti mangrove, terumbu tepi, dan dinding curam.

Ini salah satu ekosistem terkaya di Indonesia, melihat hiu di sepanjang dinding runtuh Maratua, danau ubur-ubur yang terkenal di Karaban dan pari manta di Sangalaki. Hanya sedikit orang yang mengetahuinya, yang membuatnya sempurna bagi mereka yang mencari penyelaman yang lebih tenang.

3. Selat Lembeh

Ibukota Makhluk Dunia, muck diving di Selat Lembeh tidak ada duanya. Hanya beberapa menit setelah menyelam, Anda akan bertemu ikan kodok berbulu, ikan kalajengking kuning, cumi-cumi yang hidup, dan tiram listrik.

Lereng pasir dan puing-puing adalah tempat persembunyian yang sempurna bagi beberapa spesies paling aneh di planet ini, seperti gurita kelapa yang berlindung di cangkang apa pun yang dapat mereka temukan.

Ada lebih dari 60 lokasi penyelaman lumpur yang berbeda di Selat Lembeh. Semua penyelaman dibatasi maksimal 15 penyelam sekaligus, menjadikannya pengalaman yang lebih dekat.

4. Teluk Triton Kaimana, Papua

Terletak di jantung Kawasan Konservasi Laut Kaimana, Teluk Triton menawarkan pemandangan yang menakjubkan, mulai dari tebingnya yang dramatis hingga pantainya yang sepi. Tapi hiu paus adalah daya tarik terbesarnya.

Anda dapat melihatnya sepanjang tahun, tetapi yang terbaik adalah pergi ke sana antara bulan Oktober dan Maret ketika hiu berkumpul di sekitar platform pemancingan kayu tradisional untuk menikmati ikan teri. Jika Anda mengatur waktu kunjungan Anda di malam hari, Anda hampir pasti memiliki kesempatan untuk berenang bersama salah satu hiu raksasa ini.

5. Pulau Banda, Maluku Tengah

Untuk kesempatan berenang bersama hiu martil, snorkeling di sekitar Pulau Banda tidak ada duanya. Ini adalah surga terpencil untuk kehidupan laut dan hanya baru-baru ini dibuka untuk wisatawan.

Trending :   10 Tradisi Unik di Indonesia yang Dapat Menghipnotis Anda

Menggabungkan terumbu karang yang indah dengan pertemuan kehidupan laut yang mengasyikkan, ini adalah kunjungan wajib bagi penyelam petualang. Cekungan air dalam dan arusnya yang kuat menciptakan lingkungan yang ideal bagi migrasi ikan martil bergigi.

Untuk kesempatan terbaik melihat predator pemalu dan halus ini, jadwalkan perjalanan Anda untuk musim kedua, yang berlangsung dari September hingga November.

6. USAT Liberty Tulamben, Bali

Terletak di pesisir timur laut Bali, USAT Liberty Tulamben merupakan salah satu lokasi penyelaman kapal karam yang paling mudah dan seru di Indonesia. Kapal pengangkut Amerika ditorpedo oleh kapal selam Jepang pada tahun 1942.

Beberapa upaya dilakukan untuk menariknya, tetapi mereka terpaksa mendarat di pantai Tulamben. Terumbu karang buatan yang menakjubkan sekarang menampung kehidupan laut yang menakjubkan termasuk penyu, ikan kalajengking, dan kuda laut kerdil.

Ini dimulai sekitar 2m dan turun ke 31m, yang berguna untuk semua level. Ada banyak jalur yang menyenangkan untuk berenang juga.

7. Pulau Komodo

Ini adalah pengalaman menyelam yang menantang di Pulau Komodo, tetapi harus diingat bahwa itu juga salah satu lingkungan laut terkaya di planet ini. Situs Warisan Dunia UNESCO ini adalah rumah bagi lebih dari 260 spesies karang.

Pulau ini juga merupakan rumah bagi lebih dari 1.000 spesies ikan, serta komodo prasejarah. Untuk melihat Pari manta terbaik di area ini, pergilah ke Manta Alley. Anda juga akan bertemu ikan kakatua besar dan barakuda yang berlayar di sepanjang arus. Untuk hiu berujung putih, pergilah ke Batu Bolong, dengan terumbu karang setinggi 70 meter.

Itulah tujuh tempat diving terbaik di Indonesia. Spot yang bagus untuk menikmati surga  bawah laut Tanah Air.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU