Rahasia Sukses Investasi di Pasar Saham

Rahasia Sukses Pasar Saham

Rahasia sukses dalam investasi saham bukanlah rahasia lagi. Tidak ada kata-kata ajaib atau sejuta trik orang dalam. Rahasia sukses investasi terletak pada mengidentifikasi dan membeli perusahaan besar dengan harga yang memberikan peluang untuk berkembang. Mengutip dari situs web the balance, rahasia sukses berinvestasi di pasar saham memiliki dua bagian:

  • Pilih perusahaan yang hebat
  • Beli dengan harga menarik

Hindari Jalan Pintas dalam investasi saham

Beberapa investor tidak mau melakukan bisnis dasar yang diperlukan, dan mencari jalan pintas. Semua orang menginginkan keunggulan saat berinvestasi di pasar saham. Pasar bisa tampak (dan bisa) luar biasa, dan keuntungan apa pun tampaknya merupakan peluang bagus untuk menang.

Namun, banyak investor percaya bahwa jalan pintas adalah jalan menuju kesuksesan. jalan pintas ini seringkali datang dalam bentuk saran dari teman atau rekan. Kekuatan rekomendasi pribadi sangat menarik, bahkan jika saran tersebut datang dari seseorang yang mungkin kurang mengetahui tentang investasi Anda.

Dalam beberapa hari terakhir, informasi “dari mulut ke mulut” ini telah dibagikan di kantor atau melalui pagar halaman belakang. Sekarang, ia hidup di media sosial, email, dan teknologi informasi lainnya yang tak terhitung jumlahnya.

Apa yang tidak berubah adalah mengapa sebagian besar tips bermanfaat ini diabaikan. Satu aturan praktis yang baik adalah ini: Jangan pernah membeli “saham yang bagus”.

Tapi bukankah setiap investor ingin memiliki saham yang bagus? Tentu saja, mereka melakukannya, dan begitu juga Anda, tetapi “saham hebat” yang sedang kita bicarakan biasanya adalah saham yang disarankan oleh rekan kerja yang bermaksud baik memberi tahu Anda sebagai Microsoft berikutnya.

Trending :   Tips Berinvestasi Saham dengan Bijak Untuk Mengurangi Risiko Kerugian

Saham ini terbagi dalam tiga kategori:

  1. Ornamen Pohon Natal: Semuanya berkilau di bagian luar tetapi berlubang dan mudah patah dengan sentuhan sekecil apa pun, mereka menarik perhatian investor yang mudah teralihkan dari prinsip-prinsip investasi yang sehat dengan kilau mereka, tetapi gagal pada akhirnya, karena mereka bukan bisnis yang layak. Dalam enam bulan, tidak ada yang akan mengingat nama mereka.
  2. Saham Sepeda: Saham-saham ini terikat pada siklus ekonomi yang akan berayun ke arah yang berlawanan. Mereka membeli saham ketika permintaan tinggi, dan harga saham meningkat dengan cepat. Permintaan itu mungkin akan segera berkurang, dan harga akan mengempis seperti ban bocor.
  3. Saham bagus, tapi terlambat: Saham itu hebat. Sayangnya, pasar telah menawar harga melewati titik di mana Anda secara realistis dapat mengharapkan untuk menghasilkan uang. Ini adalah bagian “beli tinggi” dari persamaan yang menghasilkan kerugian (beli tinggi dan jual rendah).

Ada dua bagian untuk membuat keputusan investasi yang baik (dengan asumsi tujuan Anda adalah untuk menahan saham dalam portofolio Anda untuk beberapa waktu).

Bagian pertama adalah mengidentifikasi perusahaan dengan bisnis yang sehat dan prospek yang baik untuk pertumbuhan di masa depan.

Bagian kedua adalah menentukan harga yang tepat untuk di mana perusahaan berada dan ke mana arahnya. Anda harus membayar keduanya.

Triknya adalah tidak membayar terlalu banyak untuk keduanya. Meskipun ada banyak formula untuk membantu Anda menentukan nilai saat ini dan masa depan, mengetahui harga yang tepat untuk membayar saham tetap merupakan seni dan juga sains.

Namun, bagian dari belajar berinvestasi di saham adalah mengembangkan pemahaman tentang apa yang masuk akal.

Mengambil jalur dalam Investasi Saham

Ketika Anda menginvestasikan uang hasil dari jerih payah Anda, masuk akal untuk meluangkan waktu dan melonggarkan keputusan Anda. Jika stok tidak “terasa” baik, silakan. Ada banyak peluang, jadi Anda tidak perlu melompat ke panah pertama, kedua, atau kedua puluh yang Anda analisis.

Trending :   Strategi Bisnis Menggunakan Instagram Agar Semakin Cuan

Jika Anda melewati “stok besar” dari seorang teman, dan ternyata itu adalah perjalanan pulang, ucapkan selamat kepada mereka atas keberuntungan mereka, tetapi jangan ragu untuk menebak-nebak sendiri. Untuk setiap home run, ada 20 pukulan. Seorang investor yang bijak pernah berkata, “Salah satu cara terbaik untuk menghasilkan uang di pasar adalah dengan tidak kehilangannya.”

Kesimpulan

Tidak ada jalan pintas untuk sukses berinvestasi. Saran dari mulut ke mulut sering kali hampa, terikat pada siklus ekonomi, atau sudah melalui waktu terbaik untuk membeli.

Rahasia sukses pasar saham yaitu pilih perusahaan dengan prospek pertumbuhan yang baik, dan tetapkan harga yang wajar.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU